SILABUS PEMBELAJARAN
Nama Sekolah :
SMK N 1 MESUJI TIMUR
Mata Pelajaran :
Pendidikan Kewarganegaraan
Kelas :
XI
Semester :
1
Standar Kompetensi :
1. Menganalisis Budaya Politik Di Indonesia
No
|
Kompetensi
Dasar
|
Nilai Budaya
Dan Karakter Bangsa
|
Kewirausahaan/
Ekonomi
Kreatif
|
Indikator Pencapaian Kompetensi
|
Materi pokok/
Pembelajaran
|
Kegiatan
Pembelajaran
|
Penilaian
|
Alokasi
waktu
|
Sumber /
Bahan / Alat
|
|
Metode
|
Bentuk
|
|||||||||
1.1
1.2
1.3
1.4
|
Mendeskripsikan pengertian budaya politik
menganalisis tipe-tipe budaya politik yang berkembang dalam masyarakat
Indonesia
mendeskripsikan pentingnya
sosialisasi pengembangan budaya politik
menampilkan peran serta budaya politik partisipan
|
· Religius, jujur, toleransi, disiplin,
kerja keras, mandiri, demokratis, rasa ingin tahu, semangat kebangsaan, cinta
tanah air, menghargai prestasi, bersahabat, cinta damai, gemar membaca,
peduli lingkungan, peduli sosial, tanggung jawab
· Religius, jujur, toleransi, disiplin,
kerja keras, mandiri, demokratis, rasa ingin tahu, semangat kebangsaan, cinta
tanah air, menghargai prestasi, bersahabat, cinta damai, gemar membaca,
peduli lingkungan, peduli sosial, tanggung jawab
|
· Percaya diri (keteguhan hati, optimis).
· Berorientasi pada tugas (bermotivasi,
tekun/tabah, bertekad, enerjik).
· Pengambil resiko (suka tantangan, mampu
memimpin)
· Orientasi ke masa depan (punya perspektif
untuk masa depan)
· Percaya diri (keteguhan hati, optimis).
· Berorientasi pada tugas (bermotivasi,
tekun/tabah, bertekad, enerjik).
· Pengambil resiko (suka tantangan, mampu
memimpin)
· Orientasi ke masa depan (punya perspektif
untuk masa depan)
|
· Mendeskripsikan pengertian budaya politik
· Mengidentifikasi
tipe-tipe budaya politik menurut Almond, dkk
· Mengidentifikasi
tipe-tipe budaya politik yang berkembang di Indonesia
· Menganalisis budaya
politik yang berkembang di Indonesia
§ Mendeskripsikan budaya
politik partisipan di Indonesia
|
1.1.1pengertian budaya politik
1.2.1tipe-tipe budaya politik menurut
Gabriel A. Almond dan Sidney Verba
1.2.2 tipe-tipe budaya politik
yang berkembang di Indonesia
1.3.1 Budaya politik yang berkembang di Indonesia
1.4.1 Budaya
Politik Partisipan di Indonesia
|
§ Secara individu
menggali informasi melalui studi pustaka tentang pengertian budaya politik
§ Secara klasikal
mendiskusikan tipe-tipe budaya politik menurut Almond dan tipe-tipe budaya
politik yang berkembang di Indonesia
Secara kelompok menggali informasi
melalui media massa tentang budaya
politik yang berkembang di Indonesia
§ Mempresentasikan hasil
temuan dan diskusi kelompok (melalui media power point)
§ Secara individu
mendeskripsikan temuannya mengenai budaya politik partispan di Indonesia
|
Ulangan
Ulangan
Tugas kelompok
Pengamatan
Tugas individu
(PR)
|
Uraian
Uraian
Laporan diskusi
Dan Resume
Performance
kliping
|
1 jam
3 jam
2 jam
2 jam
2 jam
|
Buku PKn SMA kls XI,Retno L, Esis
Budaya Politik oleh Almond , Bina
Aksara
1984
Bahan Internet
Bahan : petunjuk penugasan kelompok
dan
Artikel dari koran dan internet
serta
Foto , CD
Alat Presentasi:
- laptop
- infocus
Bahan : petunjuk penugasan individu
dan
Artikel dari koran dan internet
serta
Foto , CD
|
SILABUS PEMBELAJARAN
Nama Sekolah :
SMK N 1 MESUJI TIMUR
Mata Pelajaran :
Pendidikan Kewarganegaraan
Kelas : XI
Semester :
1
Standar Kompetensi :
2. Menganalisis budaya demokrasi menuju masyarakat madani
No
|
Kompetensi
Dasar
|
Nilai Budaya
Dan Karakter Bangsa
|
Kewirausahaan/
Ekonomi
Kreatif
|
Indikator Pencapaian Kompetensi
|
Materi pokok/
Pembelajaran
|
Kegiatan
Pembelajaran
|
Penilaian
|
Alokasi
waktu
|
Sumber /
Bahan / Alat
|
|
Metode
|
Bentuk
|
|||||||||
2.1
2.2
2.3
2.4
|
Mendeskripsikan pengertian dan prinsip-prinsip budaya demokrasi
Megidentifikasi ciri-ciri masyarakat madani
Menganalisis pelaksanaan demokrasi di Indonesia sejak orde lama, orde
baru, dan reformasi
Menampilkan perilaku budaya demokrasi dalam kehidupan sehari-hari
|
· Religius, jujur, toleransi, disiplin,
kerja keras, mandiri, demokratis, rasa ingin tahu, semangat kebangsaan, cinta
tanah air, menghargai prestasi, bersahabat, cinta damai, gemar membaca,
peduli lingkungan, peduli sosial, tanggung jawab
· Religius, jujur, toleransi, disiplin,
kerja keras, mandiri, demokratis, rasa ingin tahu, semangat kebangsaan, cinta
tanah air, menghargai prestasi, bersahabat, cinta damai, gemar membaca,
peduli lingkungan, peduli sosial, tanggung jawab
· Religius, jujur, toleransi, disiplin,
kerja keras, mandiri, demokratis, rasa ingin tahu, semangat kebangsaan, cinta
tanah air, menghargai prestasi, bersahabat, cinta damai, gemar membaca,
peduli lingkungan, peduli sosial, tanggung jawab
· Religius, jujur, toleransi, disiplin,
kerja keras, mandiri, demokratis, rasa ingin tahu, semangat kebangsaan, cinta
tanah air, menghargai prestasi, bersahabat, cinta damai, gemar membaca,
peduli lingkungan, peduli sosial, tanggung jawab
|
· Percaya diri (keteguhan hati, optimis).
· Berorientasi pada tugas (bermotivasi,
tekun/tabah, bertekad, enerjik).
· Pengambil resiko (suka tantangan, mampu
memimpin)
· Orientasi ke masa depan (punya perspektif
untuk masa depan)
· Percaya diri (keteguhan hati, optimis).
· Berorientasi pada tugas (bermotivasi,
tekun/tabah, bertekad, enerjik).
· Pengambil resiko (suka tantangan, mampu
memimpin)
· Orientasi ke masa depan (punya perspektif
untuk masa depan)
· Percaya diri (keteguhan hati, optimis).
· Berorientasi pada tugas (bermotivasi,
tekun/tabah, bertekad, enerjik).
· Pengambil resiko (suka tantangan, mampu
memimpin)
· Orientasi ke masa depan (punya perspektif
untuk masa depan)
· Percaya diri (keteguhan hati, optimis).
· Berorientasi pada tugas (bermotivasi,
tekun/tabah, bertekad, enerjik).
· Pengambil resiko (suka tantangan, mampu
memimpin)
· Orientasi ke masa depan (punya perspektif
untuk masa depan)
|
· Mendeskripsikan pengertian budaya
demokrasi
· Mendeskripsikan prinsip-prinsip budaya
demokrasi
· Mendeskrisikan
pengertian masyarakat madani
· Mengidentifikasi ciri-ciri masyarakat madani
· Menganalisis
pelaksanaan demokrasi yang berkembang di Indonesia
§ Menunjukkkan perilaku
budaya demokrasi dalam kehidupan sehari-hari
|
2.1.1pengertian budaya demokrasi
2.1.2 prinsip-prinsip budaya demokrasi
2.2.1 Pengertian masyarakat madani
2.2.2 Ciri-ciri masyarakat Madani
2.3.1 Pelaksanaan demokrasi di Indonesia pada era orde lama
2.3.2 Pelaksanaan demokrasi di Indonesia pada era orde baru
2.3.3 Pelaksanaan demokrasi di Indonesia pada era reformasi
Budaya Demokrasi dalam kehidupan Sehari-hari
|
§ Secara individu
menggali informasi melalui studi pustaka tentang pengertian budaya demokrasi
§ Secara klasikal
mendiskusikan prinsip-prinsip budaya demokrasi
§ Secara individu
menggali informasi melalui studi
pustaka tentang pengertian masyarakat
madani dan mengidentifikasi ciri-ciri masyarakat madani
§ Secara berkelompok
menggali iinformasi melalui studi pustaka mengenai pelaksanaan demokrasi di
era orde lama
§ Secara individu melalui
media film ”Tragedi Jakarta 1998”
menganalisis pelaksanaan demokrasi di Indonesia pada era Orba dan
Reformasi
|
SILABUS PEMBELAJARAN
Nama Sekolah : SMK N 1 MESUJI TIMUR
Mata Pelajaran : Pendidikan Kewarganegaraan
Kelas : XI
Semester : 1
Standar Kompetensi : 1. Menganalisis Budaya Politik Di Indonesia
No
Kompetensi Dasar Nilai Budaya Dan Karakter Bangsa Kewirausahaan/
Ekonomi Kreatif
Indikator Pencapaian Kompetensi
Materi pokok/
Pembelajaran
Kegiatan Pembelajaran Penilaian Alokasi waktu Sumber / Bahan / Alat
Metode Bentuk
1.1
1.2
1.3
1.4
Mendeskripsikan pengertian budaya politik
menganalisis tipe-tipe budaya politik yang berkembang dalam masyarakat Indonesia
mendeskripsikan pentingnya sosialisasi pengembangan budaya politik
menampilkan peran serta budaya politik partisipan
• Religius, jujur, toleransi, disiplin, kerja keras, mandiri, demokratis, rasa ingin tahu, semangat kebangsaan, cinta tanah air, menghargai prestasi, bersahabat, cinta damai, gemar membaca, peduli lingkungan, peduli sosial, tanggung jawab
• Religius, jujur, toleransi, disiplin, kerja keras, mandiri, demokratis, rasa ingin tahu, semangat kebangsaan, cinta tanah air, menghargai prestasi, bersahabat, cinta damai, gemar membaca, peduli lingkungan, peduli sosial, tanggung jawab
• Percaya diri (keteguhan hati, optimis).
• Berorientasi pada tugas (bermotivasi, tekun/tabah, bertekad, enerjik).
• Pengambil resiko (suka tantangan, mampu memimpin)
• Orientasi ke masa depan (punya perspektif untuk masa depan)
• Percaya diri (keteguhan hati, optimis).
• Berorientasi pada tugas (bermotivasi, tekun/tabah, bertekad, enerjik).
• Pengambil resiko (suka tantangan, mampu memimpin)
• Orientasi ke masa depan (punya perspektif untuk masa depan)
• Mendeskripsikan pengertian budaya politik
• Mengidentifikasi tipe-tipe budaya politik menurut Almond, dkk
• Mengidentifikasi tipe-tipe budaya politik yang berkembang di Indonesia
• Menganalisis budaya politik yang berkembang di Indonesia
Mendeskripsikan budaya politik partisipan di Indonesia
1.1.1pengertian budaya politik
1.2.1tipe-tipe budaya politik menurut Gabriel A. Almond dan Sidney Verba
1.2.2 tipe-tipe budaya politik yang berkembang di Indonesia
1.3.1 Budaya politik yang berkembang di Indonesia
1.4.1 Budaya Politik Partisipan di Indonesia
Secara individu menggali informasi melalui studi pustaka tentang pengertian budaya politik
Secara klasikal mendiskusikan tipe-tipe budaya politik menurut Almond dan tipe-tipe budaya politik yang berkembang di Indonesia
Secara kelompok menggali informasi melalui media massa tentang budaya politik yang berkembang di Indonesia
Mempresentasikan hasil temuan dan diskusi kelompok (melalui media power point)
Secara individu mendeskripsikan temuannya mengenai budaya politik partispan di Indonesia
Ulangan
Ulangan
Tugas kelompok
Pengamatan
Tugas individu
(PR)
Uraian
Uraian
Laporan diskusi
Dan Resume
Performance
kliping
1 jam
3 jam
2 jam
2 jam
2 jam
Buku PKn SMA kls XI,Retno L, Esis
Budaya Politik oleh Almond , Bina Aksara
1984
Bahan Internet
Bahan : petunjuk penugasan kelompok
dan
Artikel dari koran dan internet
serta
Foto , CD
Alat Presentasi:
- laptop
- infocus
Bahan : petunjuk penugasan individu
dan
Artikel dari koran dan internet
serta
Foto , CD
SILABUS PEMBELAJARAN
Nama Sekolah : SMK N 1 MESUJI TIMUR
Mata Pelajaran : Pendidikan Kewarganegaraan
Kelas : XI
Semester : 1
Standar Kompetensi : 2. Menganalisis budaya demokrasi menuju masyarakat madani
No Kompetensi Dasar Nilai Budaya Dan Karakter Bangsa Kewirausahaan/
Ekonomi Kreatif Indikator Pencapaian Kompetensi Materi pokok/
Pembelajaran Kegiatan Pembelajaran Penilaian Alokasi waktu Sumber / Bahan / Alat
Metode Bentuk
2.1
2.2
2.3
2.4
Mendeskripsikan pengertian dan prinsip-prinsip budaya demokrasi
Megidentifikasi ciri-ciri masyarakat madani
Menganalisis pelaksanaan demokrasi di Indonesia sejak orde lama, orde baru, dan reformasi
Menampilkan perilaku budaya demokrasi dalam kehidupan sehari-hari
• Religius, jujur, toleransi, disiplin, kerja keras, mandiri, demokratis, rasa ingin tahu, semangat kebangsaan, cinta tanah air, menghargai prestasi, bersahabat, cinta damai, gemar membaca, peduli lingkungan, peduli sosial, tanggung jawab
• Religius, jujur, toleransi, disiplin, kerja keras, mandiri, demokratis, rasa ingin tahu, semangat kebangsaan, cinta tanah air, menghargai prestasi, bersahabat, cinta damai, gemar membaca, peduli lingkungan, peduli sosial, tanggung jawab
• Religius, jujur, toleransi, disiplin, kerja keras, mandiri, demokratis, rasa ingin tahu, semangat kebangsaan, cinta tanah air, menghargai prestasi, bersahabat, cinta damai, gemar membaca, peduli lingkungan, peduli sosial, tanggung jawab
• Religius, jujur, toleransi, disiplin, kerja keras, mandiri, demokratis, rasa ingin tahu, semangat kebangsaan, cinta tanah air, menghargai prestasi, bersahabat, cinta damai, gemar membaca, peduli lingkungan, peduli sosial, tanggung jawab
• Percaya diri (keteguhan hati, optimis).
• Berorientasi pada tugas (bermotivasi, tekun/tabah, bertekad, enerjik).
• Pengambil resiko (suka tantangan, mampu memimpin)
• Orientasi ke masa depan (punya perspektif untuk masa depan)
• Percaya diri (keteguhan hati, optimis).
• Berorientasi pada tugas (bermotivasi, tekun/tabah, bertekad, enerjik).
• Pengambil resiko (suka tantangan, mampu memimpin)
• Orientasi ke masa depan (punya perspektif untuk masa depan)
• Percaya diri (keteguhan hati, optimis).
• Berorientasi pada tugas (bermotivasi, tekun/tabah, bertekad, enerjik).
• Pengambil resiko (suka tantangan, mampu memimpin)
• Orientasi ke masa depan (punya perspektif untuk masa depan)
• Percaya diri (keteguhan hati, optimis).
• Berorientasi pada tugas (bermotivasi, tekun/tabah, bertekad, enerjik).
• Pengambil resiko (suka tantangan, mampu memimpin)
• Orientasi ke masa depan (punya perspektif untuk masa depan)
• Mendeskripsikan pengertian budaya demokrasi
• Mendeskripsikan prinsip-prinsip budaya demokrasi
• Mendeskrisikan pengertian masyarakat madani
• Mengidentifikasi ciri-ciri masyarakat madani
• Menganalisis pelaksanaan demokrasi yang berkembang di Indonesia
Menunjukkkan perilaku budaya demokrasi dalam kehidupan sehari-hari
2.1.1pengertian budaya demokrasi
2.1.2 prinsip-prinsip budaya demokrasi
2.2.1 Pengertian masyarakat madani
2.2.2 Ciri-ciri masyarakat Madani
2.3.1 Pelaksanaan demokrasi di Indonesia pada era orde lama
2.3.2 Pelaksanaan demokrasi di Indonesia pada era orde baru
2.3.3 Pelaksanaan demokrasi di Indonesia pada era reformasi
Budaya Demokrasi dalam kehidupan Sehari-hari
Secara individu menggali informasi melalui studi pustaka tentang pengertian budaya demokrasi
Secara klasikal mendiskusikan prinsip-prinsip budaya demokrasi
Secara individu menggali informasi melalui studi pustaka tentang pengertian masyarakat madani dan mengidentifikasi ciri-ciri masyarakat madani
Secara berkelompok menggali iinformasi melalui studi pustaka mengenai pelaksanaan demokrasi di era orde lama
Secara individu melalui media film ”Tragedi Jakarta 1998” menganalisis pelaksanaan demokrasi di Indonesia pada era Orba dan Reformasi
Secara individu menunjukkan perilaku pada masyarakat Indonesia yang mencermikan budaya demokrasi dalam kehidupan sehari-hari
Kuis
Ulangan
Ulangan
Tugas Kelompok
Tugas Individu
Tugas Individu
(PR)
Jawaban singkat
Uraian
Uraian
Laporan Tertulis
Laporan hasil analisa & Resume film
Kliping
1 jam
1 jam
2 jam
1 jam
3 jam
2 jam
Buku PKn SMA kls XI,Retno L, Esis
Demokrasi, HAM dan Masyarakat madani, Tim ICCE UIN Jakarta, 2003
Buku PKn SMA kls XI,Retno L, Esis
Bahan : petunjuk penugasan kelompok
dan
Artikel dari koran dan internet
VCD Tragedi Jakarta 1998
Alat:
Laptop, infocus & speaker aktive
Artikel di media cetak, bahan internet
Alat:
Gunting, lem dan kertas A4
SILABUS PEMBELAJARAN
Nama Sekolah : SMK N 1 MESUJI TIMUR
Mata Pelajaran : Pendidikan Kewarganegaraan
Kelas/ Program : XI
Semester : 1
Standar Kompetensi : 3. Menampilkan Sikap Keterbukaan Dan Keadilan Dalam Kehidupan Berbangsa Dan Bernegara
No Kompetensi Dasar Nilai Budaya Dan Karakter Bangsa Kewirausahaan/
Ekonomi Kreatif Indikator Pencapaian Kompetensi Materi pokok/
Pembelajaran Kegiatan Pembelajaran Penilaian Alokasi waktu Sumber / Bahan / Alat
Metode Bentuk
3.1
3.2
3.3
Mendeskripsikan pengertian dan pentingnya keterbukaan dan keadilan dalam kehidupan berbangsa dan bernegara
menganalisis dampak penyelenggaraan pemerintahan yang tidak transparan
Menunjukkan sikap keterbukaan dan keadilan dalam kehidupan berbangsa dan bernegara
• Religius, jujur, toleransi, disiplin, kerja keras, mandiri, demokratis, rasa ingin tahu, semangat kebangsaan, cinta tanah air, menghargai prestasi, bersahabat, cinta damai, gemar membaca, peduli lingkungan, peduli sosial, tanggung jawab
• Religius, jujur, toleransi, disiplin, kerja keras, mandiri, demokratis, rasa ingin tahu, semangat kebangsaan, cinta tanah air, menghargai prestasi, bersahabat, cinta damai, gemar membaca, peduli lingkungan, peduli sosial, tanggung jawab
• Religius, jujur, toleransi, disiplin, kerja keras, mandiri, demokratis, rasa ingin tahu, semangat kebangsaan, cinta tanah air, menghargai prestasi, bersahabat, cinta damai, gemar membaca, peduli lingkungan, peduli sosial, tanggung jawab
• Percaya diri (keteguhan hati, optimis).
• Berorientasi pada tugas (bermotivasi, tekun/tabah, bertekad, enerjik).
• Pengambil resiko (suka tantangan, mampu memimpin)
• Orientasi ke masa depan (punya perspektif untuk masa depan)
• Percaya diri (keteguhan hati, optimis).
• Berorientasi pada tugas (bermotivasi, tekun/tabah, bertekad, enerjik).
• Pengambil resiko (suka tantangan, mampu memimpin)
• Orientasi ke masa depan (punya perspektif untuk masa depan)
• Percaya diri (keteguhan hati, optimis).
• Berorientasi pada tugas (bermotivasi, tekun/tabah, bertekad, enerjik).
• Pengambil resiko (suka tantangan, mampu memimpin)
• Orientasi ke masa depan (punya perspektif untuk masa depan)
• Mendeskripsikan pengertian keterbukaan dan keadilan
• Menguraikan pentingnya keterbukaan dan keadilan dalam kehidupan berbangsa dan bernegara
• Mengidentifikasi dampak penyelenggaraan pemerintahan yang tidak transparan
Menunjukkan sikap keterbukaan dan keadilan dalam kehidupan sehari-hari
3.1.1pengertian keterbukaan
3.1.2 pengertian keadilan
3.1.3 Pentingnya keterbukaan dan keadilan dalam kehidupan berbangsa dan bernegara
3.2.1 Dampak Penyelenggaraan Pemerintahan yang tidak Transparan di beberapa negara
3.2.2 Dampak Penyelenggaraan Pemerintahan yang tidak Transparan di Indonesia
3.3.1 Keterbukaan dan Keadilan Dalam Kehidupan Berbangsa dan Bernegara
Secara individu menggali informasi melalui studi pustaka tentang pengertian keterbukaan dan keadilan
Secara klasikal mendiskusikan alasan pentingnya keterbukaan dan jaminan keadilan dalam kehidupan berbangsa dan bernegara
Secara kelompok melalui media film ”The Rules in The World” menganalisis dampak pemerintahan yang tidak transparan
Mempresentasik-an hasil temuan dan diskusi kelompok (melalui media power point)
Secara individu menggali informasi melalui studi pustaka dan media internet mengenai kasus-kasus keterbukaan dan keadilan dalam kehidupan berbangsa dan bernegara
Ulangan
Ulangan
Tugas kelompok
Pengamatan
Tugas Individu
Uraian
Uraian
Laporan diskusi
Dan Resume
Lembar Pengamatan
Laporan tertulis & Kliping
1 jam
1 jam
2 jam
2 jam
2 jam
Buku PKn SMA kls XI,Retno L, Esis
Bahan internet
Bahan : petunjuk penugasan kelompok
dan
VCD ”The Rules in The World”
Alat :
- laptop
- infocus
- speaker aktif
Alat :
Laptop & Infocus
Artikel dari media cetak dan internet
serta
Foto , CD
Mengetahui,
Kepala Sekolah
SMK N 1 MESUJI TIMUR
BUKHORI, S. Pd .T
NIP 198508232010011013 Mesuji, 18 Agustus 2019
Guru Mapel PKN
INDRA PURNAMA IKHSAN, S. Pd.
§ Secara individu
menunjukkan perilaku pada masyarakat Indonesia yang mencermikan
budaya demokrasi dalam kehidupan sehari-hari
|
Kuis
Ulangan
Ulangan
Tugas Kelompok
Tugas Individu
Tugas Individu
(PR) |
Jawaban singkat
Uraian
Uraian
Laporan Tertulis
Laporan hasil analisa & Resume film
Kliping
|
1 jam
1 jam
2 jam
1 jam
3 jam
2 jam
|
Buku PKn SMA kls XI,Retno L, Esis
Demokrasi, HAM dan Masyarakat madani, Tim ICCE UIN Jakarta, 2003
Buku PKn SMA kls XI,Retno L, Esis
Bahan : petunjuk penugasan kelompok
dan
Artikel dari koran dan internet
VCD Tragedi Jakarta 1998
Alat:
Laptop, infocus & speaker aktive
Artikel di media cetak, bahan internet
Alat:
Gunting, lem dan kertas A4
|
SILABUS PEMBELAJARAN
Nama Sekolah :
SMK N 1 MESUJI TIMUR
Mata Pelajaran :
Pendidikan Kewarganegaraan
Kelas/ Program :
XI
Semester :
1
Standar Kompetensi : 3. Menampilkan Sikap Keterbukaan Dan Keadilan Dalam
Kehidupan Berbangsa Dan Bernegara
No
|
Kompetensi
Dasar
|
Nilai Budaya
Dan Karakter Bangsa
|
Kewirausahaan/
Ekonomi
Kreatif
|
Indikator Pencapaian Kompetensi
|
Materi pokok/
Pembelajaran
|
Kegiatan
Pembelajaran
|
Penilaian
|
Alokasi
waktu
|
Sumber /
Bahan / Alat
|
|
Metode
|
Bentuk
|
|||||||||
3.1
3.2
3.3
|
Mendeskripsikan pengertian dan
pentingnya keterbukaan dan keadilan dalam kehidupan berbangsa dan bernegara
menganalisis dampak penyelenggaraan pemerintahan yang tidak transparan
Menunjukkan sikap keterbukaan dan
keadilan dalam kehidupan berbangsa dan bernegara
|
· Religius, jujur, toleransi, disiplin,
kerja keras, mandiri, demokratis, rasa ingin tahu, semangat kebangsaan, cinta
tanah air, menghargai prestasi, bersahabat, cinta damai, gemar membaca,
peduli lingkungan, peduli sosial, tanggung jawab
· Religius, jujur, toleransi, disiplin,
kerja keras, mandiri, demokratis, rasa ingin tahu, semangat kebangsaan, cinta
tanah air, menghargai prestasi, bersahabat, cinta damai, gemar membaca,
peduli lingkungan, peduli sosial, tanggung jawab
· Religius, jujur, toleransi, disiplin,
kerja keras, mandiri, demokratis, rasa ingin tahu, semangat kebangsaan, cinta
tanah air, menghargai prestasi, bersahabat, cinta damai, gemar membaca,
peduli lingkungan, peduli sosial, tanggung jawab
|
· Percaya diri (keteguhan hati, optimis).
· Berorientasi pada tugas (bermotivasi,
tekun/tabah, bertekad, enerjik).
· Pengambil resiko (suka tantangan, mampu
memimpin)
· Orientasi ke masa depan (punya perspektif
untuk masa depan)
· Percaya diri (keteguhan hati, optimis).
· Berorientasi pada tugas (bermotivasi,
tekun/tabah, bertekad, enerjik).
· Pengambil resiko (suka tantangan, mampu
memimpin)
· Orientasi ke masa depan (punya perspektif
untuk masa depan)
· Percaya diri (keteguhan hati, optimis).
· Berorientasi pada tugas (bermotivasi,
tekun/tabah, bertekad, enerjik).
· Pengambil resiko (suka tantangan, mampu
memimpin)
· Orientasi ke masa depan (punya perspektif
untuk masa depan)
|
· Mendeskripsikan pengertian keterbukaan
dan keadilan
· Menguraikan pentingnya
keterbukaan dan keadilan dalam kehidupan berbangsa dan bernegara
· Mengidentifikasi dampak
penyelenggaraan pemerintahan yang tidak transparan
§ Menunjukkan sikap
keterbukaan dan keadilan dalam kehidupan sehari-hari
|
3.1.1pengertian keterbukaan
3.1.2 pengertian keadilan
3.1.3 Pentingnya keterbukaan dan keadilan dalam kehidupan berbangsa dan
bernegara
3.2.1 Dampak Penyelenggaraan Pemerintahan yang tidak Transparan di
beberapa negara
3.2.2 Dampak Penyelenggaraan Pemerintahan yang tidak Transparan di
Indonesia
3.3.1 Keterbukaan dan Keadilan Dalam Kehidupan Berbangsa dan Bernegara
|
§ Secara individu
menggali informasi melalui studi pustaka tentang pengertian keterbukaan dan keadilan
§ Secara klasikal
mendiskusikan alasan pentingnya
keterbukaan dan jaminan keadilan dalam kehidupan berbangsa dan bernegara
§ Secara kelompok melalui media film ”The Rules in The
World” menganalisis dampak
pemerintahan yang tidak transparan
§ Mempresentasik-an hasil
temuan dan diskusi kelompok (melalui media power point)
§ Secara individu
menggali informasi melalui studi pustaka dan media internet mengenai
kasus-kasus keterbukaan dan keadilan dalam kehidupan berbangsa dan
bernegara
|
Ulangan
Ulangan
Tugas kelompok
Pengamatan
Tugas Individu
|
Uraian
Uraian
Laporan diskusi
Dan Resume
Lembar Pengamatan
Laporan tertulis & Kliping
|
1 jam
1 jam
2 jam
2 jam
2 jam
|
Buku PKn SMA kls XI,Retno L, Esis
Bahan internet
Bahan : petunjuk penugasan kelompok
dan
VCD ”The
Rules in The World”
Alat :
- laptop
- infocus
- speaker aktif
Alat :
Laptop & Infocus
Artikel dari media cetak dan
internet
serta
Foto , CD
|
Mengetahui,
Kepala Sekolah
SMK N 1 MESUJI TIMUR
BUKHORI, S. Pd .T
NIP 198508232010011013
|
Mesuji, 18 Agustus 2019
Guru Mapel PKN
INDRA PURNAMA IKHSAN, S. Pd.
|
Tidak ada komentar:
Posting Komentar