Selasa, 08 Desember 2015

SATLAN BIMBINGAN KELOPMPOK

SATUAN LAYANAN
BIMBINGAN KELOMPOK/KLASIKAL

KOMPONEN:
Mata Layanan          : Layanan Dasar
Stretegi layanan       : Layanan Informasi
Bidang Bimbingan  : Akademik
Jenis Bimbingan      : Bimbingan klasikal
Tujuan                       : Siswa memahami Strategi sukses menghadapi ujian nasional
Indikator
ketercapaian             : a. Siswa mengetahui Strategi sukses menghadapi ujian nasional
b. Siswa dapat melaksanakan Strategi sukses menghadapi ujian nasional
Materi                         : Strategi sukses menghadapi ujian nasional
Metode dan Teknik  : Ceramah
Alat/Bahan/media    :  Power point
Kelas                          : XII
Semester                   :  Genap

LANGKAH-LANGKAH:
1.    Awal
  1. Pertanyaan Tujuan:
Konselor menyampaikan tujuan dan indikator.
  1. Konsolidasi:
Konselor menertibkan suasana kelas.

2.    Transisi
  1. Storming:
Konselor bisa menanyakan tentang kesiapan siswa mengikuti layanan, serta memberikan ice breaking agar para siswa lebih santai dan fokus.
  1. Norming:
Konselor menjelaskan langkah-langkah layanan informasi yang akan diterima oleh siswa (tahap: kerja, identifikasi, analisis, generalisasi).
3.    Kerja
  1. Eksperimentasi:
Konselor menyampaikan materi menggunakan metode ceramah.
b.    Identifikasi:
Konselor menanyakan kepada para peserta didik:
1). Apa yang anda dapatkan dari layanan informasi ini?
3).Sebutkan strategi-strategi sukses menghadapi ujian?
c. Analisis:
1). Apakah anda selama ini sudah menerapkan Strategi sukses menghadapi ujian nasional
seperti ini?
d. Generalisasi:
1). Apa rencana anda untuk memperbaiki kualitas belajar anda di kelas supaya bisa sukses dalam memhadapi ujian nasional?
4.    Terminasi
  1. Refleksi Umum:
Konselor menyampaikan hikmah atau nasehat dari materi layanan ini dan mendukung secara verbal tentang aktivitas belajar siswa agar bisa sukses dalam menghadapi ujian nasional, lalu konselor
membagikan jurnal penilaian kegiatan (penilaian segera) kepada peserta.     
  1. Tindak Lanjut:
Konselor mendiskusikan pertemuan bimbingan selanjutnya.

5.Strategi layanan         :
1. Guru menyampaikan materi dengan menjelaskan dan               memberikan       contoh
2. Guru menjelaskan tujuan tentang materi yang akan     disampaikan
3. Guru memberikan stimulus-stimulus yang positif
6. Tempat penyelengaraan            : Ruang kelas XII
7. Waktu penyelengaraan              : 1 X 45 Menit
8. Penyelengara layanan               : Calon guru pembimbing
9. Pihak yang disertakan                :
10. Catatan Khusus                        :

Mengetahui                                                                  Metro,3 Deaember. 2015
Guru pembimbing                                                        Calon Guru Pembimbing

Wiwin Ariyanti, M.Pd                                                                        Arif kurniawan
                                                                                                NPM. 13130046








MATERI:
1.    Jaga kesehatan

Tenunya hal pertama adalah menjaga kondisi badan. Bagaimana mau belajar jika badan kita sakit, loyo, kurang gairah de el el. Kesehatan itu mahal sob, coba bayangkan berapa biaya yang harus dikeluarkan jika kita berobat kedokter, atau berapa kerugian yang ditimbulkan jika badan kita loyo, gak bergairah dan lemes... masa depan yang akan jadi taruhannya.
So. mulai sekarang jagalah kesehatan kamu, bisa dengan berolah raga secara teratur, lari pagi setelah sholat shubuh sambil ngecengin cewek cewek cantik dipinggir jalan, atau apapun itu. Dengan sendirinya gairah belajar kamu akan meningkat.

  1. Buat jadwal belajar mulai sekarang, dan fokuslah pada satu hal

Yang ini juga ga kalah penting sob, suatu hal yang terstruktur dan terpola secara rapi maka hasilnya juga akan memuaskan. Sebagai contoh jadwal harian yang pernah aku buat, hari senin belajar bahasa Indonesia, hari selasa khusus belajar matematika, hari rabu mempelajari sains/ipa (biologi, fisika, kimia), hari kamis belajar bahasa inggris, dan seterusnya. 
Sisakan waktumu cukup satu jam perhari untuk fokus belajar satu mata pelajaran. Dan sisanya kamu bisa bermain sepuasnya sebagai hadiah dari belajarmu, insya Allah jika kamu konsisten dengan jadwal yang sudah kamu buat, hasilnya pasti dahsyat 


  1. Belajar kelompok

Belajar kelompok merupakan salah satu cara yang dapat dipakai para siswa untuk berbagi dengan teman yang lain dalam memecahkan soal dan saling menguatkan motivasi belajar dan prestasi.para siswa dari pada banyak bermain dan membung-buang waktu dengan percuma, manfaatkanlah dengan cara belajar kelompok dengan  teman disekolah atau disekitar tempat tingal kalian

  1. Tingkatkan motivasi belajar

Sukses tidaknya peserta didik dalam menghadapi UN juga sangat ditentukan oleh tinggi rendahnya motivasi siswa dalam mempersiapkan diri menghadapi UN. Peserta didik akan memiliki energi belajar yang dahsyat manakala memiliki motivasi yang kuat dan hebat. Motif adalah daya dalam diri seseorang yang mendorongnya untuk melakukan sesuatu, atau keadaan seseorang atau organisme yang menyebabkan kesiapannya untuk memulai serangkaian tingkah laku atau perbuatan. Sedangkan motivasi adalah suatu proses untuk menggiatkan motif-motif menjadi perbuatan atau tingkah laku untuk memenuhi kebutuhan dan mencapai tujuan, atau keadaan dan kesiapan dalam diri individu yang mendorong tingkah lakunya untuk berbuat sesuatu dalam mencapai tujuan tertentu. Motivasi dapat timbul dari dalam individu dan dapat pula timbul akibat pengaruh, dari luar dirinya. Motivasi dari dalam diri siswa dikenal dengan motivasi intrinsic. Jenis motivasi ini timbul sebagai akibat dari dalam diri individu sendiri tanpa ada paksaan dorongan dari orang lain, tetapi atas kemauan sendiri. Misalnya anak mau belajar karena ingin memperoleh nilai UN yang tinggi, ingin masuk Perguruan Tinggi favorit pilihannya dsb. Sedangkan motivasi ekstrinsik adalah motivasi yang datang dari luar individu, bisa orang tua, lingkungan keluarga/lingkungan rumah, lingkungan masyarakat, temannya sendiri dsb.

  1. Siapkan keterampilan teknis

Keterampilan teknis yang dimaksud adalah siswa dibekali tidak hanya menguasai materi dan kesiapan mental juga harus menguasai keterampilan teknis lainya, antara lain: a) Keterampilan mengerjakan lembar jawaban komputer Keterampilan ini sangat penting dikuasai siswa, karena UN tahun 2015 diprediksi masih menggunakan lembar jawaban komputer dengan system menghitamkan jawaban yang dirasa benar. Siswa kadang mengabaikan hal ini, padahal keterampilan menjawab soal melalui LJK ini juga sangat menentukan hasil UN siswa. Misalnya apabila pengisian biodata salah, penomoran peserta salah termasuk cara memberi silang dan menghapus jawaban yang diganti ikut menentukan hasil UN siswa. Oleh karena itu tips untuk keterampilan ini adalah pertama selalu mengikuti kegiatan-kegiatan try out secara rutin. b) Keterampilan menjawab soal-soal Keterampilan teknis ini sangatlah penting untuk dikuasai siswa dalam menjawab soal-soal UN. Menguasai keterampilan menjawab soal ini dimaksud agar siswa dapat mengerjakan soal-soal dengan cepat, tepat dan benar dalam waktu yang sangat singkat, sehingga waktu yang tersedia selama 120 menit dapat dimanfaatkan bukan hanya mengerjakan soal tetapi juga sampai pada pemeriksaan dan pengerjaan ulang soal UN.

  1. Persiapkan diri dengan banyak berlatih dengan soal

Dari tahun ke tahun, yang namanya ujian nasional ya seperti itu, soalnya pun tidak jauh berbeda. Untuk itu banyak banyaklah berlatih soal, pahami setiap bentuk soal. Pada dasarnya yang berbeda hanyalah susunan kalimatnya saja, konsepnya tetap sama. Satu konsep kamu kuasai, insya Allah soal seperti apapun akan mudah kamu hadapi.

7.    Buatlah rencana

Menghadapi ujian dapat diibaratkan sebagai perjalanan menuju sukses. Sebagaimana perjalanan sukses, sudah sepatutnya kita membuat perencanaan. Dari sekian banyak bahan pelajaran yang harus dipelajari dipilah-pilah antara bahan UN dari pusat dengan bahan ujian dari sekolah. Antara bahan kelas satu, kelas dua, dan kelas tiga, pelajaran hitungan dan hafalan, sehingga dapat dipelajari dengan teratur dan sistematis. Model belajar semacam itu dapat meringankan dan lebih mengefektifkan cara kerja otak. Salah satu hukum otak yaitu dapat bekerja maksimal dengan cara teratur dan sistematis


  1. Berdo’a dan mintalah do’a restu dari kedua orang tua

Salah satu do’a yang paling mujarab adalah do’a orang tua kepada anaknya, mintalah restu pada orang tua kamu. Hal ini dapat menjadi spirit dan menambah rasa percaya diri yang luar biasa bagi kamu.
Tentunya tidak adil jika kita minta di do’akan, tapi kita sendiri tidak ikut berdo’a untuk keberhasilan kita. Lucu banget jika hal seperti itu sampai terjadi. Maka berlakulah adil, diri kita sendiri yang harus bekerja lebih keras, bukan orang lain!!.

9.    Hadapilah UN dengan tenang dan proporsional

Hadapilah ujian ini dengan sikap yang tenang dan proporsional bahwa ujian sebagai sesuatu yang harus dihadapi, dilalui. Sikap tenang akan memungkinkan kita menyusun rencana menentukan strategi dan menjalaninya dengan senang.
















JURNAL HARIAN
KEGIATAN BIMBINGAN DAN KONSELING KELOMPOK

NAMA            :
KELAS           :
Kegiatan          : Klasikal/Bimbingan Kelompok
Materi              :
Waktu             : 45 menit
Tempat            : Kelas XII
Konselor          : Arif Kurniawan
1.      Eksperimentasi
Dalam kegiatan ini saya melakukan:
a.       …………………………………………………………………………………………….
b.      …………………………………………………………………………………………….
c.       …………………………………………………………………………………………….
d.      …………………………………………………………………………………………….

2.      Identifikasi
Setelah melakukan kegiatan ini saya merasa:
a.       …………………………………………………………………………………………….
b.      …………………………………………………………………………………………….
c.       …………………………………………………………………………………………….
d.      …………………………………………………………………………………………….

3.      Analisis
Oleh karena itu saya bepikir:
a.       …………………………………………………………………………………………….
b.      …………………………………………………………………………………………….
c.       …………………………………………………………………………………………….
d.      …………………………………………………………………………………………….

4.      Generalisasi
Dalam hal ini saya berarti:
a.       …………………………………………………………………………………………….
b.      …………………………………………………………………………………………….
c.       …………………………………………………………………………………………….
d.      …………………………………………………………………………………………….

5.      Tindak Lanjut
Dan, oleh karena itu saya berencana akan:
a.       …………………………………………………………………………………………….
b.      …………………………………………………………………………………………….
c.       …………………………………………………………………………………………….
d.      …………………………………………………………………………………………….



Tidak ada komentar:

Posting Komentar

LEMBAR KERJA BEDAH LMS PLATFORM BELAJAR

  LEMBAR KERJA BEDAH LMS PLATFORM BELAJAR     Nama                           : ARIF KURNIAWAN Sekolah                         : ...