Jumat, 06 November 2020

LAMPUNG MENGAJAR ASA PENDIDIKAN DI UJUNG KABUPATEN MESUJI PROVINSI LAMPUNG

ASA PENDIDIKAN DI UJUNG KABUPATEN MESUJI PROVINSI LAMPUNG

 

DI SUSUN OLEH :

 ARIF KURNIAWAN, S.Pd

 

 

 

 


 

 

 

 

 

LOKASI : DESA TANJUNG MAS REJO

 KECAMATAN  MESUJI TIMUR KABUPATEN MESUJI

 

 

 

 

BADAN PENELITIAN DAN PENGEMBANGAN DAERAH (BALITBANGDA)

 PROVINSI LAMPUNG

2020

 

 

 

 

 

 

“ ASA PENDIDIKAN DI UJUNG KABUPATEN MESUJI PROVINSI LAMPUNG”

 

Kabupaten Mesuji merupakan salah satu Daerah Otonomi Baru (DOB) di provinsi lampung dari pemekaran kabupaten tulang bawang. Dari  pemekaran tersebut Mesuji terbagi menjadi 6 kecamatan  yaitu Kecamatan Mesuji, Kecamatan Mesuji Timur, Kecamatan Panca Jaya, Kecamatan Simpang Pematang, Kecamatan Tanjung Raya, Kecamatan Way Serdang dan Rawa Jitu Utara. Sedangkan pusat pemerintahan  kabupaten Mesuji terletak di Desa Sidomulyo Kecamatan Mesuji.

Di tempat pengajar muda mengabdi yaitu di Kabupaten Mesuji Kecamatan Mesuji Timur tepatnya di SMK Negeri 1 Mesuji Timur yang beralamatkan di Di Desa Tanjung Mas Rejo Kecamatan Mesuji Timur, di Kecamatan Mesuji Timur ini yang terdiri dari 20 Desa Dengan Pusat Pemerintahan berada di desa Tanjung Mas Rejo dan Pusat Perekonomiannya berada di desa Tanjung Mas Makmur dengan adanya pasar rakyat terbesar ke 2 di Kabupaten Mesuji sebagai pusat jual beli masyarakat dari berbagai desa di Kecamatan Mesuji Timur dan juga beberapa desa yang ada di luar sekitar Kecamatan Mesuji Timur.

Pada Saat Pertama kali kami melakukan survai lokasi penempatan yaitu SMK Negeri 1 Mesuji Timur yang berada di Kecamatan Mesuji Timur atau orang mesuji biasa menyebutnya dengan Kawsan/Kota Terpadu Mandiri, Pertama yang tertanan di benak saya pasti sudah rame dengan adanya lampu jalan yang berada tepat di Sepanjang Jalan menuju pasar KTM yang di mulai dari Gapura selamat datang Kota Terpadu Mandiri ( KTM ) tapi semuanya itu tidak seidah yang saya banyakan sebelumnya karena lampu jalan tesebut hanya tinggal tiangnya saja isi dan lampunya sudah di ambil oleh tangan-tangan orang yang tidak bertanggung jawab. Di Kecamatan Mesuji Timur/ KTM ini mempunyai 2 Icon  yaitu Jembatan yang seperti Jembatan Ampera atau orang-orang disini sering menyebutnya dengan jembatan Pasar KTM karena letaknya dekat dengan Pasar KTM,  selain itu juga ada Monumen Tugu Kota Terpadu Mandiri yang latakanya tidak jauh dari Jembatan Tadi. Masyarakat di sekitar lokasi Pengajara muda mengabdi mayoritas berprofesi sebagai petani, berkebun, nelayan, dan pedagang. Rata-rata dari meraka adalah trasmigran dari dalam provinsi lampung maupun dari luar provinsi lampung. Saya sendiri sudah mengabdi di SMK Negeri 1 Mesuji Timur ini selama  2 tahun, saya saja bingung apa yang membuat saya betah di desa ini tidak ada kata special disini jauh dari keramaian, akses jalan yang bagus, air bersih yang langka,debu yang banyak.


Fokus dalam tulisan ini adalah mengenai semangat yang luar biasa dari para peserta didik yang ada di SMK Negeri 1 Mesuji Timur dalam belajar serta menempuh pedidikan dengan segala keterbatasan meraka tetap bersemangat untuk mengapai cita-cita, yang kadang kala di saat hujan mereka harus menempuh jalan yang sangat susah dan penuh perjunagan apalagi pas waktu musim panen tiba yang biasanya diseratai dengan musim hujan meraka harus berjalan meleawati jalan berlumpur yang perlu hati-hati untuk melewatinya kemudian pada saat musim kemarau tiba meraka harus menghadapi banyknyan debu di jalannan yang bisa memberikan dampak buruk untuk kesehatan. Meraka tidak mengenal rasa lelah dan mengeluh dalam mengapai cita-cita meraka dan menbahagiankan kedua orang tau meraka yang susah payah membiayaain meraka untuk bersekolah sampai jenjang SMK saat ini. Tidak sedikit dari para siswa, khusunya siswa laki-laki yang sebelum berangkat ke sekolah membantu orang tuanya untuk menyadap  getah pohon karet baik milik sendiri atau berkerja menyadap getah pohon karet milik orang lain, tak ayal setiap hari ada siswa yang terlambat dengan alasan harus membantu orang tuanya untuk menyadap getah karet, namun tidak setiap hari ada siswa yang terlambat.

Para orang tua dari siswa/siswi disini mayoritas berprofesi sebagai petani, terkadang ada juga tidak perhatian terhadap pendidikan anaknya padahala dalam Pendidikan peran orang tua sangatlah penting, dimana orang tua berperan dalam lancarnya proses pembelajaran karena dukungan orangtua sangat penting dalam mewujudkan keberhasilan pendidikan buah hatinya. Namun, masih banyak orangtua yang kurang menyadari akan perannya dalam mendukung pendidikan anak dan menyerahkan sepenuhnya pada sekolah.

Sayangnya, tak banyak orangtua menyadari bahwa perannya dalam mendukung pendidikan anak sangat mempengaruhi keberhasilan anak dalam belajar dan bersosialisasi. Tak ayal, banyak yang menyerahkan pendidikan anak sepenuhnya kepada pihak sekolah. Padahal, untuk mewujudkan keberhasilan pendidikan, dibutuhkan sinergi yang harmonis antara pihak sekolah dan orangtua. Dari beberapa kali pengamatan dan berbincang dengan siswa di sini masih banyak orang tua mereka yang terkadang jarang memperhatikan anak-anaknya mengenai kegiatan pembelajaran di sekolah, tetapi ada juga orang tua yang memperhatikan pendidikan anaknya bahkan datang langsung ke sekolahan untuk menanyakan anaknya kalau pas di sekolahan sepert apa dan lain sebagainya. Permasalahn seperti ini mungkin timbul karena kesibukan para orang tua dalam melakukan aktivitas bertani meraka.

Beranjak dari sini saya selalu memotivasi meraka agar tetap semang untuk belajar dan mengapai cita-cita, banyak dari mereka ragu untuk melanjutkan pendidikan ke perguruan tinggi dengan alasan ekonomi kelurga mereka yang hanya seorang anak petani dan hanya tinggal di desa. Saya selalu berpesan kepada mereka walaupun tinggal di desa dan anak seorang petani meraka harus bisa menunjukan kepada orang di luar sana bahwa seorang anak petani bisa menjadi orang suskes dan dapat berguna bagi orang banyak. Lampung tidak hanya Mesuji dan Indonesia itu tidak hanya Provinsi Lampung dengan kata lain meraka harus berani keluar untuk mencampai cita namun tidak melupakn tanah kelahirnya yaitu Kabupaten Mesuji.

 Terakhir yang akan saya tuliskan disini dan ini pengalaman saya pribadi Kabupaten Mesuji Khsusunya Kecamatan Mesuji Timur ( KTM ) tidaklah seseram dan seburuk yang kita banyangkan, iya memang pertama kali yang saya pikirkan dalam benak saya setalah mengetahui lokasi penempatan Lampung Mengajar di Kabupaten Mesuji adalah daerah yang rawan konflik tentang perebutan lahan, seram  dan sebagainya, tapi setalah saya berada disini semua yang saya fikirkan itu salah dan tidak semuanya daerah di mesuji itu daerah konflik dan saya rasa sini aman, damai dan masyarakatnya hidup berdampingan dengan berbagai suku dan agama.

Saya Mengucapkan Terima kasih kepada Pemerintah Provinsi Lampung Khsusunya Dinas Pendidikan dan Kebudayaan  karena saya di tempatkan di lokasi yang sangat nyaman dan damai jauh dari hegemoni keramai sehingga bisa fokus mengabdi untuk kemajuan Provinsi Lampung Khsusunya dalam hal pemerataan pendidikan di plosok Lampung.

 

 

 

SMK NEGERI 1 MESUJIN TIMUR

 

 

 

TUGU KTM ( KAWASAN TERPADU MANDIRI )

 

 

 

JEMBATAN PASAR KTM ( MESUJI TIMUR )

 

 

SELAMAT DATANG DI KAWASAN KTM ( KAWASAN KOTA TERPADU MANDIRI

 

 

 

PASAR KAWASN TERPADU MANDIRI ( KTM ) MESUJI TIMUR

 

 

 

 

BALAI DESA TANJUNG MAS REJO

 


 

JALAN UTAMA DESA TANJUNG MAS REJO SAAT MUSIM KEMARAU

 

 

JALAN MENUJU DESA TANJUNG MAS REJO SAAT MUSIM HUJAN

 

 

 

 

  

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

LEMBAR KERJA BEDAH LMS PLATFORM BELAJAR

  LEMBAR KERJA BEDAH LMS PLATFORM BELAJAR     Nama                           : ARIF KURNIAWAN Sekolah                         : ...