R P L
|
RENCANA PELAKSANAAN LAYANAN
BIMBINGAN DAN KONSELING
|
FORMAT
KLASIKAL TERJADWAL
I.
IDENTITAS
A.
Satuan
Pendidikan : SMP Negeri 1 Pekalongan
B.
Tahun Ajaran : 2016-2017, Semester I
C.
Kelas : Kelas VIII-6
D.
Pelaksana : Arif Kurniawan
E.
Pihak Terkait : Siswa dan Orang tua
II.
WAKTU DAN
TEMPAT
A.
Tanggal : 02 Agustus 2016
B.
Jam
Pembelajaran/Pelayanan : Sesuai jadwal
C.
Volume waktu
(JP) : 1 x 40 Menit
D.
Spesifikasi
Tempat belajar : Diruang VIII-6
III.
MATERI PEMBELAJARAN
A.
Tema/Subtema : 1.
Tema : Mengembangkan dan menumbuh kan semangat belajar
2. Subtema :Belajar yang
efektif dan menyenangkan
B.
Sumber Materi : 1. pengalaman pribadi siswa
2. buku materi layanan klasikal
IV.
TUJUAN/ARAH PENGEMBANGAN
A.
Pengembangan
KES :
1.
Agar peserta
didik bisa mengembangkan dan menumbuhkan semanagat belajar supaya bisa
mendapatkan hasil yang memuaskan dalam belajarnya disekolahan
2.
Siswa dapat
menerapkan cara belajar yang efektif dan menyenangkan di dalam kelas
B.
Penanganan
KES-T
Untuk
menghindari, menghilangkan dan mencegah hasil belajar yang kurang baik karena
cara belajarn yang tidak efektif dan efesien
V.
METODE DAN
TEKNIK
A.
Jenis Layanan :
Layanan informasi (format klasikal)
B.
Kegiatan
Pendukung :Kegiatan pendudukung/tampilan kepustakaan
VI.
SARANA
A. Media : LCD danLaptop
B. Perlengkapan : Papan tulis, spidol
VII.
SASARAN PENILAIAN HASIL PEMBELAJARAN/PELAYANAN
A.
KES
1.
Acuan
(A) : Hal-hal yang
perlu diketahui siswa tentang cara belajarn
yang tidak efektif dan efesien
2.
Kompetensi (K) : siswa mampu mengetahui dan
memahami tentang cara belajar
yang tidak efektif dan efesien
3.
Usaha
(U) : Siswa
berusaha untuk bisa memenuhi cara bagaimana
belajar yang tidak efektif dan efesien
4.
Rasa (R) : Rasa senang karena
sudah mengetahui bagaimana cara belajar yang tidak efektif dan efesien
5. Sungguh-sungguh (S) :
siswa bersungguh-sungguh untuk bisa belajar yang baik guna untuk
medapatakan hasil yang optimal
B. KES-T
Menghidarkan dan mencegah keselahan
dalam cara belajar yang baik,efektif dan efesien.
C. Ridho
Tuhan, bersyukur, ikhlas dan tabah
Memohon ridho Tuhan Yang Maha Esa
untuk suksesnya para siswa dalam belajarnya baik di ruamah atau disekolah
VIII. LANGKAH KEGIATAN
A.
LANGKAH
PENGANTARAN.
1. Mengucapkan
salam dan mengajak siswa berdoa.
2. Menyanyikan
lagu indonesia raya
3. Mengecek
kehadiran siswa, dan mengajak mereka untuk berempati kepada yang tidak hadir.
4. Mengajak
dan membimbing siswa untuk mengikuti kegiatan pembelajaran/pelayanan dengan
penuh perhatian, semangat dan penampilan dengan melakukan kegiatan berfikir,
merasa, bersikap, bertindak dan bertanggung jawab (BMB3) berkenaa dengan materi
pembelajaran/pelayanan yang akan dibahas.
5. Menyampaikan
arah materi pokok pembelajaran yaitu dengan judul Syarat-syarat masuk study
lanjut.
6. Menyampaikan
tujuan pembahasan yaitu tentang syarat-syarat masuk study lanjut
B.
LANGKAH
PENJAJAKAN
1. Menanyakan
kepada siswa yang sudah tahu tentang bagaimana cara belajar yang efektif dan
efesien ?
2. Meminta
respon siswa tentang cara belajar yang efektif dan efesien?
3. Memberikan
ulasan umum dan penegasan-penegasan berkenaan dengan masukan respon/pengalaman
siswa untuk nomor 1,2, di atas.
C.
LANGKAH
PENAFSIRAN
1. Pembahasan
tentang bagaiaman cara belajar yang efektif dan efesien
2. Siswa
diberi kesempatan untuk merespon dan menayakan tentang bagaiaman cara belajar
yang efektif dan efesien.
3.
Bagaimana cara belajar yang efektif dan
efesien.
D.
LANGKAH
PEMBINAAN
1. Apa
dan bagaiman siswa memahami tentang bagaimana cara belajar yang efektif dan
efesien
2. Agar
siswa bisa mengatahui cara belajar yang efektif dan efesien
3.
Supaya siswa bisa
mendapatkan hasil yang optimal dalam proses belajarnya
E.
LANGKAH
PENILAIAN DAN TINDAK LANJUT
1.
Penilaian Hasil
Di akhir proses pembelajarn siswa diminta merefleksikan apa yang
mereka peroleh dengan pola BMB3 dalam unsur-unsur AKURS:
a. Berfikir : Apa yang mereka
pikirkan tentang apa saja cara untuk belajar yang efektif dan efsien.
b. Merasa
: apa yang siswa
rasakan setelah mnegatahui cara belajar yang efektif dan efesien.
c. Bersikap :Bagaimana dengan sikap
siswa sesudah mengetahui cara belajar yang efektif dan efesien.
d. Bertindak : bagaimana siswa untuk
mengendlikan atau mencegah dari keselahan dalam belajar baik diruamah atau pun
disekolah
a.
Bertanggung jawab :Bagaiman mereka bersungguh sungguh untuk belajar guna
menadapatakan hasil yang optimal
2.
Penilaian
Proses
Melalui pengamatan penilaian proses
pembelajaran di lakukan untuk mengukur efektifitas pembelajaran/pelayanan
dengan dinamika BMB3.
3.
LAPERPROG dan
Tindak lanjut
Setelah kegiatan pembelajaran atau pelayanan selesai disusun
laporran pelaksanaan Program Layanan (LAPELPROG) yang memuat data penilaian
hasil dan proses, dengan disertai arah tindak lanjutnya.
Pekalongan, Agustus 2016
Guru
Pamong Mahasiswa PPL BK
Febrika
Antrisia, S.Pd Arif Kurniawan
NIP.19750211200903 2 002 Npm. 13130046
Mengetahui,
Kepala
Sekolah
Hj.
Suroso,S.Pd. M.Si
NIP. 196505091987031005
Materi:
Apakah motivasi anda berkurang saat
guru menunjukkan dirinya di depan pintu kelas. Merasa hari ini akan menjadi
hari yang sangat melelahkan dan membosankan. Harus mengikuti pelajaran yang
tidak disukai dan sulit untuk dipahami. Atau, anda berpikir lebih baik tidak
sekolah.
Apakah anda pernah atau sedang
mengalami masalah seperti yang saya ceritakan di atas?
Jika ia, maka tulisan ini sangat
cocok untuk anda. Anda akan mendapatkan cara untuk meningkatkan motivasi
belajar anda. Meskipun begitu, agar motivasi ini bisa bertahan untuk jangka
waktu yang lama, maka anda perlu melakukan beberapa tindakan nyata secara
konsisten.
Yang semakin hari akan semakin
menguatkan motivasi belajar anda. Mari kita bahas 3 cara menumbuhkan motivasi
belajar untuk pelajar ;
1. Memiliki Impian
Apakah anda memiliki impian? Impian
yang benar-benar ingin anda capai, alami dan harapkan sejak dulu. Impian yang
akan mengubah kehidupan anda menjadi lebih baik di masa depan. Pastinya setelah
menyelesaikan tugas wajib anda di bangku sekolah Pelajar yang memiliki impian
akan lebih termotivasi untuk belajar daripada pelajar yang tidak memiliki
impian. Pastinya karena ada pendorong untuk mereka terus bertindak. Jadikanlah
impian menjadi sumber motivasi anda untuk belajar. Meskipun terkadang yang
dipelajari di sekolah tidak akan selamanya bisa membantu seseorang untuk
mencapai impian mereka. Tolong, kondisi seperti ini jangan anda permasalahkan.
Karena kita tidak bisa mengubah sistem pendidikan yang telah ada sejak dulu.
Lebih baik memfokuskan energi dan perhatian untuk mengembangkan diri dengan
belajar skill-skill tertentu yang akan membantu anda mencapai tujuan anda di
masa depan. Dengan fokus pada impian anda, maka dengan sendirinya anda akan
lebih termotivasi saat belajar di sekolah.
2. Menguasai Skill Belajar
Ingin memiliki waktu bermain yang
lebih panjang dari biasanya tanpa harus pusing mikirin pelajaran sekolah
dan prestasi belajar anda terus meningakat? Pastinya semua pelajar akan berkata
“YA.” Siapa sih yang tidak mau bermain. Apalagi pelajar. Usia mereka yang masih
muda membuat mereka lebih tertarik untuk bermain daripada belajar atau bekerja.
Tidak terkecuali juga degan mereka yang telah bekerja dan para orangtua. Hanya
saja bentuk permainanya yang berbeda. Tapi, tetap saja, setiap orang mau
bermain dan have fun.
“Emang bisa?”
Pastinya bisa, jika anda memiliki
cara atau strategi belajar yang tepat. Untuk sukses dibidang apapun, pasti ada
cara atau strategi yang tepat untuk mewujudkannya. Begitu juga dengan belajar.
Apakah anda memiliki strategi atau cara belajar yang tepat?
Jika ia, motivasi belajar bukanlah
satu masalah berarti untuk anda. Bahkan sebaliknya, orang yang motivasinya naik
turun karena tidak memiliki cara belajar yang tepat. Mengumpulkan beberapa
pengalaman yang tidak menyenangkan di sekolah yang membuat mereka malah malas
belajar dan sekolah.
Cara atau strategi belajar yang sangat
saya sarankan untuk anda kuasai adalah bacakilat for student. Cara kerja
bacakilat yang unik membuat seorang belajar lebih cepat, memahami pelajaran
dengan lebih mudah dan menghemat waktu mereka dalam belajar. Informasi lebih
mendalam bisa anda klik di sini.
Apa yang mereka dapatkan saat bisa
memahami materi dengan lebih mudah, prestasi belajar mereka pasti akan
meningkat. Ada alumni bacakilat for student yang tadinya selalu mendapat peringkat
terakhir di kelasnya.
Dengan menggunakan teknik belajar
bacakilat for student, peringkatnya malah bergerak maju ke depan dengan lebih
cepat dan sering kali di luar dugaan. Bahkan banyak dari mereka memiliki waktu
bermain yang lebih banyak.
3. Cara Pandang yang Benar akan
Sekolah
Banyak pelajar yang malas karena
cara pandang mereka yang salah tentang belajar dan sekolah itu sendiri. Pelajar
yang memandang sekolah sebagai satu tempat yang membosankan pasti akan malas
untuk belajar.
Lain halnya jika mereka merasa
sekolah atau belajar sebagai tempat untuk mengelurakan dan mengembangkan
potensi diri yang mereka miliki. Tempat yang akan menghantaran mereka ke impian
mereka di masa depan.
Coba lihat ke dalam diri anda
sendiri. Menurut anda sekolah dan belajar itu seperti apa? Apakah temat atau
sesuatu yang membosankan atau media yang akan menghantarkan anda ke impian
anda.
Jika jawaban yang anda dapatkan
terasa tidak nyaman, apapun jawaban anda, maka yang anda yakini harus segera
diatasi. Jika tidak, anda akan tetap menilai negatif belajar dan sekolah. Ini
akan menghambat anda untuk lebih berprestasi.
4. Relevansi Pelajaran dengan
Kehidupan
Poin ini akan menjadi tugas wajib
anda. Motivasi belajar akan meningkat secara drastis ketika mengetahui
relevansi antara meteri pelajaran dengan kehidupan nyata. Semakin relevan
materi pelajaran dengan diri sendiri dan kehidupan nyata, motivasi belajar akan
meningkat dengan sendirinya.
Masalahnya, banyak pelajar tidak
mengetahui hubungan antara materi pelajaran dengan kehidupan sendiri dan
kehidupan nyata. Akibatnya, mereka menjadi malas belajar. Karena merasa yang dipelajari tidak
begitu penting.
Perasaan penting inilah yang membuat
seseorang ingin mengetahui lebih dalam tentang apa yang mereka pelajari.
Jadi, apa relevansi atau hubungan
yang anda pelajari di sekolah dengan kehidupan anda?
Tanyakan terus pertanyaan ini. Lihat
seberapa besar motivasi belajar anda meningkat saat belajar.
B.
CARA
BELAJAR EFEKTIF DAN EFESIEN
1.
Berdoa
Berdoa
sebelum dan sesudah belajar, doa menguatkan jiwa dan memberikan keberkahan pada
usaha, karena itu jangan pernah dilupakan, usaha dunia tapi berpahala akhirat
2.
Tentukan tujuan belajar
Belajar
untuk apa, untuk mencapai apa, untuk menguasai apa atau untuk tujuan apa?
menentukan tujuan belajar akan membuat belajarmu bisa lurus di jalurnya dan
tidak menggak-menggok
3.
Tentukan target hidup yang ingin
dicapai dari hasil belajar,
Misalnya
nilai ulangan tinggi, nilai raport memuaskan atau lulus dengan prestasi.
menentukan target hidup akan memberi motivasi agar belajar terus bersemangat.
bila perlu tuliskan target hidup kalian sebagai cita-cita dan tempelkan di
tempat yang bisa kalian lihat setiap hari.
4.
Buatlah jadwal belajar dan taati
jadwal itu.
Buatlah
jadwal jam berapa saja kalian harus belajar dan berapa lama kalian belajar.
Belajar yang terjadwal akan menjadi pedoman harian bagi kalian untuk tetap
belajar setiap hari tanpa absen, berikan sanksi diri jika kalian melanggarnya,
misalnya dengan menggantinya di jam yang lain hari itu dengan durasi yang sama
persis dan ditambah menghafal lima suku kata bahasa Inggris dan lain-lain.
Ingat : singkat OK tapi rutin, jangan SKSan. Belajar singkat tapi rutin jauh
lebih baik dari sistem kebut semalam,
5.
Istirahatlah,
Berikan
rehat bagi diri kalian sendiri dari aktifitas belajar, misalnya setelah belajar
selama satu jam istirahatlah selama 5 sampai 10 menit dengan kegiatan santai
yang kalian sukai, sekedar minum atau jalan-jalan sebentar
6.
Tuliskan dan tandai
Tuliskan
hal-hal penting dari yang dipelajari dari buku sumber belajar dalam buku
catatan, buatlah ringkasan atau kata-kata kunci, kalau perlu buat jembatan
keledai agar mudah diingat. Tandai bagian yang penting dari buku sumber dengan
tanda-tanda yang menarik dan mudah dilihat, kalau buku itu milik sendiri bisa
menggunakan stabilo atau pensil warna, kalau ingin buku tetap bersih bisa
menggunakan potongan kertas warna-warni yang diselipkan di halaman buku yang diinginkan
7.
Kondisikan dan nikmati
Kondisikan
ruang belajar kamu agar nyaman untuk belajar, atur sedemikian rupa sehingga
meja, kursi, rak buku, dan lampu pada posisi yang pas untuk mendukung
kenyamanan belajar, berikan hiasan yang membuat kamu nyaman dan senang berada
disana, bermainlah dengan warna-warna yang cerah dan lembut untuk cat tembok
dan furniture, kalau memungkinkan berilah tanaman hijau dalam pot yang cocok
untuk indoor agar suasana segar dapat kau rasakan, setelah itu nikmati
8.
Jauhkan semua gangguan,
Misalnya
televisi, yang terbaik terkait dengan televisi ini adalah adanya kesepakatan
seluruh anggota keluarga yaitu dengan tidak menghidupkan televisi pada jam-jam
belajar
9.
Kenali tipe belajarmu
Kalau
kamu suka belajar dengan simbol, gambar dan visualisasi maka belajarlah yang
melibatkan hal-hal visual yang akan membuatmu tertarik, misalnya dengan
memperhatikan gambar-gambar pada buku sumber kemudian menelaah penjelasannya,
gunakan ilustrasi dan warna yang bervariasi dalam buku catatanmu agar selalu
berminat untuk mempelarinya. Kalau kamu suka belajar dengan mendengarkan suara
kamu bisa membaca sambil bersuara, atau sambil mendengarkan suara lain yang
kamu sukai
10.
Baca, baca, dan baca,
Jangan
bosan jangan malas untuk membaca dan terus giat membaca, karena membaca menjadi
pintu masuk pengetahuan dan wawasan yang merupakan tahapan belajar dasar, semua
sumber belajar sekarang ini kebanyakan berbasis teks, jadi jangan malas untuk
membaca, kalau ada waktu luang diluar jadwal belajarmu gunakan untuk membaca
agar wawasanmu makin luas dan pengetahuanmu terus bertambah.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar