Senin, 24 Oktober 2016

RPL BK K13 Cara Menumbuhkan Motivasi Belajar Untuk Pelajar





R P L
RENCANA PELAKSANAAN LAYANAN
BIMBINGAN DAN KONSELING
 



                                                                                                                                                              

FORMAT KLASIKAL TERJADWAL
I.         IDENTITAS
A.    Satuan Pendidikan               : SMP Negeri 1 Pekalongan
B.     Tahun Ajaran                      : 2016-2017, Semester I         
C.    Kelas                                      : Kelas VIII-6
D.    Pelaksana                              : Arif Kurniawan
E.     Pihak Terkait                       : Siswa dan Orang tua
          
II.      WAKTU DAN TEMPAT
A.    Tanggal                                             : 02 Agustus 2016
B.     Jam Pembelajaran/Pelayanan        : Sesuai jadwal
C.    Volume waktu (JP)                          : 1 x 40 Menit
D.    Spesifikasi Tempat belajar              : Diruang VIII-6

III.   MATERI  PEMBELAJARAN
A.       Tema/Subtema        : 1. Tema         :  Mengembangkan dan menumbuh                                                              kan semangat belajar
2. Subtema     :Belajar yang efektif dan menyenangkan
B.  Sumber Materi                  : 1. pengalaman pribadi siswa
2. buku materi layanan klasikal


IV. TUJUAN/ARAH PENGEMBANGAN
A.    Pengembangan KES                         :
1.      Agar peserta didik bisa mengembangkan dan menumbuhkan semanagat belajar supaya bisa mendapatkan hasil yang memuaskan dalam belajarnya disekolahan
2.      Siswa dapat menerapkan cara belajar yang efektif dan menyenangkan di dalam kelas
B.     Penanganan KES-T
Untuk menghindari, menghilangkan dan mencegah hasil belajar yang kurang baik karena cara belajarn yang tidak efektif dan efesien
V.      METODE DAN TEKNIK
A.    Jenis Layanan             : Layanan informasi (format klasikal)
B.     Kegiatan Pendukung  :Kegiatan pendudukung/tampilan kepustakaan

VI. SARANA
A.    Media              : LCD danLaptop
B.     Perlengkapan   : Papan tulis, spidol

VII. SASARAN PENILAIAN HASIL PEMBELAJARAN/PELAYANAN
A.    KES
1.      Acuan (A)                         : Hal-hal yang perlu diketahui siswa tentang cara belajarn yang tidak efektif dan efesien
2.      Kompetensi (K)                 : siswa mampu mengetahui dan memahami tentang cara belajar yang tidak efektif dan efesien
3.      Usaha (U)                         : Siswa berusaha untuk bisa memenuhi cara bagaimana belajar yang tidak efektif dan efesien
4.      Rasa (R)                            : Rasa senang karena sudah mengetahui  bagaimana cara belajar yang tidak efektif dan efesien
5.      Sungguh-sungguh (S)       : siswa bersungguh-sungguh untuk bisa belajar yang baik guna untuk medapatakan hasil yang optimal
B.     KES-T
Menghidarkan dan mencegah keselahan dalam cara belajar yang baik,efektif dan efesien.
C.    Ridho Tuhan, bersyukur, ikhlas dan tabah
Memohon ridho Tuhan Yang Maha Esa untuk suksesnya para siswa dalam belajarnya baik di ruamah atau disekolah

VIII. LANGKAH KEGIATAN
A.     LANGKAH PENGANTARAN.
1.      Mengucapkan salam dan mengajak siswa berdoa.
2.      Menyanyikan lagu indonesia raya
3.      Mengecek kehadiran siswa, dan mengajak mereka untuk berempati kepada yang tidak hadir.
4.      Mengajak dan membimbing siswa untuk mengikuti kegiatan pembelajaran/pelayanan dengan penuh perhatian, semangat dan penampilan dengan melakukan kegiatan berfikir, merasa, bersikap, bertindak dan bertanggung jawab (BMB3) berkenaa dengan materi pembelajaran/pelayanan yang akan dibahas.
5.      Menyampaikan arah materi pokok pembelajaran yaitu dengan judul Syarat-syarat masuk study lanjut.
6.      Menyampaikan tujuan pembahasan yaitu tentang syarat-syarat masuk study lanjut

B.     LANGKAH PENJAJAKAN
1.      Menanyakan kepada siswa yang sudah tahu tentang bagaimana cara belajar yang efektif dan efesien ?
2.      Meminta respon siswa tentang cara belajar yang efektif dan efesien?
3.      Memberikan ulasan umum dan penegasan-penegasan berkenaan dengan masukan respon/pengalaman siswa untuk nomor 1,2, di atas.

C.     LANGKAH PENAFSIRAN
1.      Pembahasan tentang bagaiaman cara belajar yang efektif dan efesien
2.      Siswa diberi kesempatan untuk merespon dan menayakan tentang bagaiaman cara belajar yang efektif dan efesien.
3.      Bagaimana cara belajar yang efektif dan efesien.

D.    LANGKAH PEMBINAAN
1.      Apa dan bagaiman siswa memahami tentang bagaimana cara belajar yang efektif dan efesien
2.      Agar siswa bisa mengatahui cara belajar yang efektif dan efesien
3.      Supaya siswa bisa mendapatkan hasil yang optimal dalam proses belajarnya

E.     LANGKAH PENILAIAN DAN TINDAK LANJUT
1.      Penilaian Hasil
Di akhir proses pembelajarn siswa diminta merefleksikan apa yang mereka peroleh dengan pola BMB3 dalam unsur-unsur AKURS:
a.    Berfikir                        : Apa yang mereka pikirkan tentang apa saja cara untuk belajar yang efektif dan efsien.
b.    Merasa                         : apa yang siswa rasakan setelah mnegatahui cara belajar yang efektif dan efesien.
c.    Bersikap                      :Bagaimana dengan sikap siswa sesudah mengetahui cara belajar yang efektif dan efesien.
d.   Bertindak                    : bagaimana siswa untuk mengendlikan atau mencegah dari keselahan dalam belajar baik diruamah atau pun disekolah
a.       Bertanggung jawab     :Bagaiman mereka bersungguh sungguh untuk belajar guna menadapatakan hasil yang optimal
2.      Penilaian Proses
Melalui pengamatan penilaian proses pembelajaran di lakukan untuk mengukur efektifitas pembelajaran/pelayanan dengan dinamika BMB3.

3.      LAPERPROG dan Tindak lanjut
Setelah kegiatan pembelajaran atau pelayanan selesai disusun laporran pelaksanaan Program Layanan (LAPELPROG) yang memuat data penilaian hasil dan proses, dengan disertai arah tindak lanjutnya.
                                                                                    

                                                                                     Pekalongan,  Agustus 2016
Guru Pamong                                                                        Mahasiswa PPL BK


Febrika Antrisia, S.Pd                                                                Arif Kurniawan
NIP.19750211200903 2 002                                                        Npm. 13130046

Mengetahui,
Kepala Sekolah

Hj. Suroso,S.Pd. M.Si
NIP. 196505091987031005



Materi:

Apakah motivasi anda berkurang saat guru menunjukkan dirinya di depan pintu kelas. Merasa hari ini akan menjadi hari yang sangat melelahkan dan membosankan. Harus mengikuti pelajaran yang tidak disukai dan sulit untuk dipahami. Atau, anda berpikir lebih baik tidak sekolah.
Apakah anda pernah atau sedang mengalami masalah seperti yang saya ceritakan di atas?
Jika ia, maka tulisan ini sangat cocok untuk anda. Anda akan mendapatkan cara untuk meningkatkan motivasi belajar anda. Meskipun begitu, agar motivasi ini bisa bertahan untuk jangka waktu yang lama, maka anda perlu melakukan beberapa tindakan nyata secara konsisten.
Yang semakin hari akan semakin menguatkan motivasi belajar anda. Mari kita bahas 3 cara menumbuhkan motivasi belajar untuk pelajar ;
1. Memiliki Impian
Apakah anda memiliki impian? Impian yang benar-benar ingin anda capai, alami dan harapkan sejak dulu. Impian yang akan mengubah kehidupan anda menjadi lebih baik di masa depan. Pastinya setelah menyelesaikan tugas wajib anda di bangku sekolah Pelajar yang memiliki impian akan lebih termotivasi untuk belajar daripada pelajar yang tidak memiliki impian. Pastinya karena ada pendorong untuk mereka terus bertindak. Jadikanlah impian menjadi sumber motivasi anda untuk belajar. Meskipun terkadang yang dipelajari di sekolah tidak akan selamanya bisa membantu seseorang untuk mencapai impian mereka. Tolong, kondisi seperti ini jangan anda permasalahkan. Karena kita tidak bisa mengubah sistem pendidikan yang telah ada sejak dulu. Lebih baik memfokuskan energi dan perhatian untuk mengembangkan diri dengan belajar skill-skill tertentu yang akan membantu anda mencapai tujuan anda di masa depan. Dengan fokus pada impian anda, maka dengan sendirinya anda akan lebih termotivasi saat belajar di sekolah.
2. Menguasai Skill Belajar
Ingin memiliki waktu bermain yang lebih panjang dari biasanya tanpa harus pusing mikirin pelajaran sekolah dan prestasi belajar anda terus meningakat? Pastinya semua pelajar akan berkata “YA.” Siapa sih yang tidak mau bermain. Apalagi pelajar. Usia mereka yang masih muda membuat mereka lebih tertarik untuk bermain daripada belajar atau bekerja. Tidak terkecuali juga degan mereka yang telah bekerja dan para orangtua. Hanya saja bentuk permainanya yang berbeda. Tapi, tetap saja, setiap orang mau bermain dan have fun.
“Emang bisa?”
Pastinya bisa, jika anda memiliki cara atau strategi belajar yang tepat. Untuk sukses dibidang apapun, pasti ada cara atau strategi yang tepat untuk mewujudkannya. Begitu juga dengan belajar. Apakah anda memiliki strategi atau cara belajar yang tepat?
Jika ia, motivasi belajar bukanlah satu masalah berarti untuk anda. Bahkan sebaliknya, orang yang motivasinya naik turun karena tidak memiliki cara belajar yang tepat. Mengumpulkan beberapa pengalaman yang tidak menyenangkan di sekolah yang membuat mereka malah malas belajar dan sekolah.
Cara atau strategi belajar yang sangat saya sarankan untuk anda kuasai adalah bacakilat for student. Cara kerja bacakilat yang unik membuat seorang belajar lebih cepat, memahami pelajaran dengan lebih mudah dan menghemat waktu mereka dalam belajar. Informasi lebih mendalam bisa anda klik di sini.
Apa yang mereka dapatkan saat bisa memahami materi dengan lebih mudah, prestasi belajar mereka pasti akan meningkat. Ada alumni bacakilat for student yang tadinya selalu mendapat peringkat terakhir di kelasnya.
Dengan menggunakan teknik belajar bacakilat for student, peringkatnya malah bergerak maju ke depan dengan lebih cepat dan sering kali di luar dugaan. Bahkan banyak dari mereka memiliki waktu bermain yang lebih banyak.
3. Cara Pandang yang Benar akan Sekolah
Banyak pelajar yang malas karena cara pandang mereka yang salah tentang belajar dan sekolah itu sendiri. Pelajar yang memandang sekolah sebagai satu tempat yang membosankan pasti akan malas untuk belajar.
Lain halnya jika mereka merasa sekolah atau belajar sebagai tempat untuk mengelurakan dan mengembangkan potensi diri yang mereka miliki. Tempat yang akan menghantaran mereka ke impian mereka di masa depan.
Coba lihat ke dalam diri anda sendiri. Menurut anda sekolah dan belajar itu seperti apa? Apakah temat atau sesuatu yang membosankan atau media yang akan menghantarkan anda ke impian anda.
Jika jawaban yang anda dapatkan terasa tidak nyaman, apapun jawaban anda, maka yang anda yakini harus segera diatasi. Jika tidak, anda akan tetap menilai negatif belajar dan sekolah. Ini akan menghambat anda untuk lebih berprestasi.
4. Relevansi Pelajaran dengan Kehidupan
Poin ini akan menjadi tugas wajib anda. Motivasi belajar akan meningkat secara drastis ketika mengetahui relevansi antara meteri pelajaran dengan kehidupan nyata. Semakin relevan materi pelajaran dengan diri sendiri dan kehidupan nyata, motivasi belajar akan meningkat dengan sendirinya.
Masalahnya, banyak pelajar tidak mengetahui hubungan antara materi pelajaran dengan kehidupan sendiri dan kehidupan nyata. Akibatnya, mereka menjadi malas belajar. Karena merasa yang dipelajari tidak begitu penting.
Perasaan penting inilah yang membuat seseorang ingin mengetahui lebih dalam tentang apa yang mereka pelajari.
Jadi, apa relevansi atau hubungan yang anda pelajari di sekolah dengan kehidupan anda?
Tanyakan terus pertanyaan ini. Lihat seberapa besar motivasi belajar anda meningkat saat belajar.
B.     CARA BELAJAR EFEKTIF DAN EFESIEN
1.    Berdoa
Berdoa sebelum dan sesudah belajar, doa menguatkan jiwa dan memberikan keberkahan pada usaha, karena itu jangan pernah dilupakan, usaha dunia tapi berpahala akhirat
2.    Tentukan tujuan belajar
Belajar untuk apa, untuk mencapai apa, untuk menguasai apa atau untuk tujuan apa? menentukan tujuan belajar akan membuat belajarmu bisa lurus di jalurnya dan tidak menggak-menggok
3.    Tentukan target hidup yang ingin dicapai dari hasil belajar,
Misalnya nilai ulangan tinggi, nilai raport memuaskan atau lulus dengan prestasi. menentukan target hidup akan memberi motivasi agar belajar terus bersemangat. bila perlu tuliskan target hidup kalian sebagai cita-cita dan tempelkan di tempat yang bisa kalian lihat setiap hari.
4.    Buatlah jadwal belajar dan taati jadwal itu.
Buatlah jadwal jam berapa saja kalian harus belajar dan berapa lama kalian belajar. Belajar yang terjadwal akan menjadi pedoman harian bagi kalian untuk tetap belajar setiap hari tanpa absen, berikan sanksi diri jika kalian melanggarnya, misalnya dengan menggantinya di jam yang lain hari itu dengan durasi yang sama persis dan ditambah menghafal lima suku kata bahasa Inggris dan lain-lain. Ingat : singkat OK  tapi rutin, jangan SKSan. Belajar singkat tapi rutin jauh lebih baik dari sistem kebut semalam, 
5.    Istirahatlah,
Berikan rehat bagi diri kalian sendiri dari aktifitas belajar, misalnya setelah belajar selama satu jam istirahatlah selama 5 sampai 10 menit dengan kegiatan santai yang kalian sukai, sekedar minum atau jalan-jalan sebentar
6.    Tuliskan dan tandai
Tuliskan hal-hal penting dari yang dipelajari dari buku sumber belajar dalam buku catatan, buatlah ringkasan atau kata-kata kunci, kalau perlu buat jembatan keledai agar mudah diingat. Tandai bagian yang penting dari buku sumber dengan tanda-tanda yang menarik dan mudah dilihat, kalau buku itu milik sendiri bisa menggunakan stabilo atau pensil warna, kalau ingin buku tetap bersih bisa menggunakan potongan kertas warna-warni yang diselipkan di halaman buku yang diinginkan
7.    Kondisikan dan nikmati
Kondisikan ruang belajar kamu agar nyaman untuk belajar, atur sedemikian rupa sehingga meja, kursi, rak buku, dan lampu pada posisi yang pas untuk mendukung kenyamanan belajar, berikan hiasan yang membuat kamu nyaman dan senang berada disana, bermainlah dengan warna-warna yang cerah dan lembut untuk cat tembok dan furniture, kalau memungkinkan berilah tanaman hijau dalam pot yang cocok untuk indoor agar suasana segar dapat kau rasakan, setelah itu nikmati
8.    Jauhkan semua gangguan,
Misalnya televisi, yang terbaik terkait dengan televisi ini adalah adanya kesepakatan seluruh anggota keluarga yaitu dengan tidak menghidupkan televisi pada jam-jam belajar
9.    Kenali tipe belajarmu
Kalau kamu suka belajar dengan simbol, gambar dan visualisasi maka belajarlah yang melibatkan hal-hal visual yang akan membuatmu tertarik, misalnya dengan memperhatikan gambar-gambar pada buku sumber kemudian menelaah penjelasannya, gunakan ilustrasi dan warna yang bervariasi dalam buku catatanmu agar selalu berminat untuk mempelarinya. Kalau kamu suka belajar dengan mendengarkan suara kamu bisa membaca sambil bersuara, atau sambil mendengarkan suara lain yang kamu sukai
10.          Baca, baca, dan baca,
Jangan bosan jangan malas untuk membaca dan terus giat membaca, karena membaca menjadi pintu masuk pengetahuan dan wawasan yang merupakan tahapan belajar dasar, semua sumber belajar sekarang ini kebanyakan berbasis teks, jadi jangan malas untuk membaca, kalau ada waktu luang diluar jadwal belajarmu gunakan untuk membaca agar wawasanmu makin luas dan pengetahuanmu terus bertambah.












Tidak ada komentar:

Posting Komentar

LEMBAR KERJA BEDAH LMS PLATFORM BELAJAR

  LEMBAR KERJA BEDAH LMS PLATFORM BELAJAR     Nama                           : ARIF KURNIAWAN Sekolah                         : ...