Jumat, 08 November 2019

Penilaian Berorientasi HOTS


LK-3. Penilaian Berorientasi HOTS


Tujuan Kegiatan:
Mengembangkan penilaian berorientasi HOTS.
Langkah Kegiatan:
1.      Buatlah jurnal sikap dan atau penilaian diri/penilaian antar teman untuk penilaian sikap yang digunakan!
2.      Buatlah penilaian keterampilan sesuai teknik penilaian keterampilan yang digunakan!
3.      Buatlah penilaian pengetahuan dengan langkah-langkah sebagai berikut:
1.      Buatlah kisi-kisi soal sesuai dengan mata pelajaran yang diampu, Kompetensi Dasar (KD) Mata Pelajaran berdasarkan Peraturan Dirjen Dikdasmen No. 464 64/D.D5/KR/2018)
2.      Buatlah soal pada Kartu Soal yang tersedia, setiap peserta minimal membuat 1 (satu) soal Pilihan Ganda dengan level kognitif Pengetahuan dan Pemahaman, Aplikasi dan Penalaran serta 1 (satu) soal Uraian!
3.      Dalam kelompok diskusikan soalyang dihasilkan dari kelompok lain dengan cara menelaah soal menggunakan format telaah soal HOTS yang tersedia!
4.      Tentukan Soal PG dan Soal Uraian terbaik untuk kelompok tersebut serta  uraikan alasannya!
4.      Presentasikan hasil kerja, peserta lain menyimak presentasi dengan cermat  untuk memberikan saran perbaikan!
5.      Perbaiki hasil yang dibuat sesuai saran!



LK-3a. Penilaian Sikap


Jurnal Sikap

No
Tanggal
Nama Siswa
Catatan perilaku saat pembelajaran
Butir Sikap
Tindak Lanjut
1





2





3











*)Catatan yang diisi di fornat jurnal sikap ini adalah butir sikap yang akan dinilai ketikapembelajaran yang akan dituangkan ke RPP

Penilaian diri/Penilaian antar teman

Aspek perilaku saat pembelajaran
Dilakukan
Ya
Tidak
1.    Selama diskusi, saya ikut serta mengusulkan ide/gagasan.


2.    Ketika kami berdiskusi, setiap anggota mendapatkan kesempatan untuk berbicara.


3.    Saya ikut serta dalam membuat kesimpulan hasil diskusi kelompok.


*)Catatan yang diisi di fornat jurnal sikap penilaian diri/antar teman ini adalah butir sikap yang akan dinilai ketika pembelajaran yang akan dituangkan ke RPP



 


LK-3b. Penilaian Keterampilan


Penilaian Kinerja/Produk/Projek
IPK
Aspek/Kriteria
Aktivitas HOTS
Transfer Knowledge
Creativity dan Critical
Problem Solving

























LK-3c. Penilaian Pengetahuan

LK-3c.1_Analisis KD

Mata Pelajaran    :
Nama Sekolah    :
Langkah kerja     :
1.      Copy paste KD pada masing-masing mapel sesuai Peraturan Dirjen Dikdasmen No. 464 64/D.D5/KR/2018
2.      Tentukan level kognitif (lihat kata kerja operasional pada taksonomi Bloom-Anderson)
No. KD
Kompetensi Dasar
Level Kognitif
KELAS X(sepuluh)
3.1
Menerapkan konsep bilangan berpangkat, bentuk akar dan logaritma dalam menyelesaikan masalah
L2/C3
3.2
Menerapkan persamaan dan pertidaksamaan nilai mutlak bentuk linear satu variabel
L2/C3
3.3
Menentukan nilai variabel pada sistem persamaan linear dua variabel dalam masalah kontekstual
L2/C3
3.4
Menentukan nilai maksimum dan minimum permasalahan kontekstual yang berkaitan dengan program linear dua variabel
L2/C3
3.5
Menganalisis barisan dan deret aritmetika
L3/C4
3.6
Menganalisis barisan dan deret geometri
L3/C4

No. KD
Kompetensi Dasar
Level Kognitif
KELAS XI (sebelas)







No. KD
Kompetensi Dasar
Level Kognitif
KELAS XII (dua belas)





LK-3c.2_Rumusan Stimulus

No.
Kompetensi Dasar
Stimulus
Kemampuan yang diuji
Tahapan Berfikir
3.5
Menganalisis barisan dan deret aritmetika
Diberikan data tabel perkembangan calon siswa baru yang mendaftar disuatu SMK
Menyimpulkan berapa jumlah jumlah calon siswa baru yang mendaftar SMK tersebut pada tahun yang ditentukan
·      Memahami konsep dan pola barisan dan deret aritmatika
·      Menentukan konsep dan pola barisan dan deret aritmatika melalui pemecahan masalah otentik
2




3




4




5







LK-3c.3_Penjabaran KD menjadi Indikator Soal

No.
Kompetensi Dasar
Indikator Soal
1
Menganalisis barisan dan deret aritmetika
Diberikan data tabel perkembangan calon siswa baru yang mendaftar disuatu SMK, peserta didik dapat menyimpulkan berapa jumlah jumlah calon siswa baru yang mendaftar SMK tersebut pada tahun yang ditentukan
2


3


4


5





LK-3c.4_Kisi-Kisi Soal

FORMAT KISI-KISI PENULISAN SOAL
Sekolah                           : SMKN 1 Mesuji Timur                             
Jumlah soal                     :………………………
Mata pelajaran                : Matematika                                              
Bentuk soal/tes                : Pilihan Ganda
Penyusun                        : Devriyadi Saputra S
Alokasi waktu                  :………………………
No.
Kompetensi Dasar (KD)
IPK
Materipokok
Indikator Soal
Level
Bentuk Soal
Nomor
Soal
1
Menganalisis barisan dan deret aritmetika
Menyimpulkan solusi dari permasalahan barisan dan deret aritmatika dalam kehidupan.
Barisan dan Deret Aritmatika
Diberikan data tabel perkembangan calon siswa baru yang mendaftar disuatu SMK, peserta didik dapat menyimpulkan berapa jumlah jumlah calon siswa baru yang mendaftar SMK tersebut pada tahun yang ditentukan
L3/ C4
Ganda











LK-3c.5_Kartu Soal

KARTU SOAL PILIHAN GANDA
Mata Pelajaran                : Matematika
Kelas/ Semester             : X/ Ganjil
Kompetensi Keahlian      : TKR
Nomor Soal                     :
Kompetensi Dasar
Menganalisis barisan dan deret aritmetika
Materi
Barisan dan Deret Aritmatika
Indikator Soal
Diberikan data tabel perkembangan calon siswa baru yang mendaftar disuatu SMK, peserta didik dapat menyimpulkan berapa jumlah jumlah calon siswa baru yang mendaftar SMK tersebut pada tahun yang ditentukan
Level Kognitif
L3/ C4

Soal

Tabel perkembangan calon siswa baru SMKN 1 Mesuji Timur
Tahun
Jumlah calon siswa baru
2016
86
2018
96
2020
?
Jika jumlah calon siswa baru yang mendaftar mengikuti pola barisan aritmatika, maka calon siswa baru yang mendaftar pada tahun 2020 di SMKN 1 Mesuji Timur ada ... siswa.
A.   100
B.   102
C.   104
D.   106
E.   110







Kunci Jawaban
D.   106
Keterangan:                                                                                              
Soal ini termasuk soal HOTS karena menggunakan stimulus

LK-3c.6_Kartu Soal Uraian


KARTU SOAL URAIAN
Mata Pelajaran             : Matematika
Kelas/ Semester           : X/ Ganjil
Kompetensi Keahlian  : Otomatisasi dan Tata Kelola Perkantoran
Nomor Soal                   :
Kompetensi Dasar
Menganalisis barisan dan deret aritmetika
Materi
Barisan dan Deret Aritmatika
Indikator Soal
Diberikan data tabel perkembangan calon siswa baru yang mendaftar disuatu SMK, peserta didik dapat menyimpulkan berapa jumlah jumlah calon siswa baru yang mendaftar SMK tersebut pada tahun yang ditentukan
Level Kognitif
L3/ C4
Soal
Pada tahun pertama seorang karyawan mendapat gaji pokok Rp. 300.000,00 sebulan. Jika setiap tahun gaji pokoknya dinaikkan sebesar Rp. 25.000,00 maka tentukanlah jumlah gaji pokok karyawan tersebut selama 10 tahun pertama!
Kunci Jawaban dan Pedoman Penskoran
No.
Soal
Kunci/Kriteria Jawaban
Skor
1
Diketahui :
Gaji pokok Rp. 300.000/bulan untuk satu tahun pertama, sehingga nilai a = 3.600.000
Kenaikan gaji naik Rp. 25.000/tahun, sehingga nilai b = 300.000

2

Ditanya :
Jumlah gaji pokok karyawan tersebut selama 10 tahun pertama, karena yang ditanyakan jumlah selama 10 tahun pertama sehingga masuk ke materi deret aritmatika

1

Dijawab :
Sn =

1


S10 =
1

S10 =
1

S10 = (7200000 + 2700000) x 5
1

S10 = 9900000 x 5
1

S10 = 49.500.000
1

Kesimpulannya, Jumlah gaji pokok karyawan tersebut selama 10 tahun pertama berjumlah Rp. 49.500.000,-
1
Keterangan:
Soal ini termasuk soal HOTS karena Untuk menjawab soal ini peserta didik perlu mengolah informasi nilai a dan nilai b dari soal yang tidak tertulis.

LK-3d Format Telaah Soal

1)      Telaah Soal Pilihan Ganda


INSTRUMEN TELAAH SOAL HOTS
BENTUK TES PILIHAN GANDA
Nama Pengembang Soal   :
Mata Pelajaran                   :
Kompetensi Keahlian         :
Kelas/ Semester                :
                                   
Isilah tanda silang (X) pada kolom butir soal bila soal tersebut tidak memenuhi kaidah.
No.
Aspek yang ditelaah
Butir Soal
1
2
3
4
5
A.
Materi





1.      
Soal sesuai Kompetensi Dasar (KD)




X
2.      
Soal sesuai dengan indikator pencapaian kompetensi (IPK)




X
3.      
Soal tidak mengandung unsur SARAPPPK (Suku, Agama, Ras, Anatargolongan, Pornografi, Politik, Propopaganda, dan Kekerasan).




X
4.      
Soal menggunakan stimulus yang kontekstual (gambar/grafik, teks, visualisasi, dll, sesuai dengan dunia nyata)*



X

5.      
Soal menggunakan stimulus yang imajinatif (baru, mendorong peserta didik untuk membaca).



X

6.      
Soal menggunakan stimulus yang mendorong peserta didik untuk melakukan sesuatu).



X

7.      
Soal mengukur level kognitif penalaran (menganalisis, mengevaluasi, mencipta). Sebelum menentukan pilihan, peserta didik melakukaan tahapan-tahapan tertentu.




X
8.      
Jawaban tersirat pada stimulus.




X
B.
Konstruksi





1.      
Pokok soal dirumuskan dengan singkat, jelas, dan tegas.




X
2.      
Rumusan pokok soal dan pilihan jawaban merupakan pernyataan yang diperlukan saja.



X

3.      
Pokok soal tidak memberi petunjuk kunci jawaban.




X
4.      
Pokok soal bebas dari pernyataan yang bersifat negatif ganda.




X
5.      
Pilihan jawaban homogen dan logis ditinjau dari segi materi.




X
6.      
Gambar, grafik, tabel, diagram, atau sejenisnya jelas dan berfungsi.



X

7.      
Panjang pilihan jawaban relatif sama.



X

8.      
Pilihan jawaban tidak menggunakan pernyataan “semua jawaban di atas salah/benar” dan sejenisnya.




X
9.      
Pilihan jawaban yang berbentuk angka/waktu disusun berdasarkan urutan besar kecilnya angka atau kronologisnya.




X
10.   
Butir soal tidak bergantung pada jawaban soal sebelumnya.




X
C.
Bahasa





1.      
Menggunakan bahasa yang sesuai dengan kaidah bahasa Indonesia, untuk bahasa daerah dan bahasa asing sesuai kaidahnya.



X

2.      
Tidak menggunakan bahasa yang berlaku setempat/tabu.




X
3.      
Soal menggunakan kalimat yang komunikatif.




X
................., ..............................
Penelaah


...........................................

2)    Format telaah soal uraian


INSTRUMEN TELAAH SOAL HOTS
BENTUK TES URAIAN
Nama Pengembang Soal   :
Mata Pelajaran                   :
Kompetensi Keahlian         :
Kelas/ Semester                :
                                   
Isilah tanda silang (X) pada kolom butir soal bila soal tersebut tidak memenuhi kaidah.
No.
Aspek yang ditelaah
Butir Soal
1
2
3
4
5
A.
Materi





1.      

Soal sesuai Kompetensi Dasar (KD)




x
2.      
Soal sesuai dengan indikator pencapaian kompetensi (IPK)




x
3.      
Soal tidak mengandung unsur SARAPPPK (Suku, Agama, Ras, Anatargolongan, Pornografi, Politik, Propopaganda, dan Kekerasan).




x
4.      
Soal menggunakan stimulus yang kontekstual (gambar/grafik, teks, visualisasi, dll, sesuai dengan dunia nyata)*




x
5.      
Soal menggunakan stimulus yang imajinatif (baru, mendorong peserta didik untuk membaca).




x
6.      
Soal menggunakan stimulus yang mendorong peserta didik untuk melakukan sesuatu).




x
7.      
Soal mengukur level kognitif penalaran (menganalisis, mengevaluasi, mencipta). Sebelum menentukan pilihan, peserta didik melakukaan tahapan-tahapan tertentu.




x
8.      
Jawaban tersirat pada stimulus.




x
B.
Konstruksi





1.      
Rumusan kalimat soal  atau pertanyaan menggunakan kata-kata tanya atau perintah yang menuntut jawaban terurai.




x
2.      
Memuat petunjuk yang jelas tentang cara mengerjakan soal.




x
3.      
Ada pedoman penskoran/rubrik sesuai dengan kriteria/kalimat yang mengandung kata kunci.
x




4.      
Gambar, grafik, tabel, diagram, atau sejenisnya jelas dan berfungsi.
x




5.      
Butir soal tidak bergantung pada jawaban soal lain.




x
C.
Bahasa





1.      
Menggunakan bahasa yang sesuai dengan kaidah bahasa Indonesia, untuk bahasa daerah dan bahasa asing sesuai kaidahnya.



x

2.      
Tidak menggunakan bahasa yang berlaku setempat/tabu.




x
3.      
Soal menggunakan kalimat yang komunikatif.




x


................., ..............................
Penelaah



...........................................



R-3.Rubrik Pengembangan Soal HOTS



Rubrik  ini digunakan fasilitator untuk menilai hasil kerja pengembangan butir soal

Langkah-langkah penilaian hasil kajian:
1.    Cermati tugas yang diberikan kepada peserta pelatihan pada LK-3!
2.    Berikan nilai berdasarkan penilaian Anda terhadap hasil kerja peserta sesuai rubrik berikut!

Kriteria Penilaian:
1.      Menuliskan kompetensi dasar dengan tepat.
2.      Merumuskan penilaian sikap
3.      Merumuskan penilaian keterampilan
4.      Menentukan materi Pelajaran dengan tepat.
5.      Merumuskan indikator soal dengan tepat.
6.      Menuliskan soal sesuai indikator soal.
7.      Menuliskan soal sesuai kriteria soal HOTS.
8.      Menuliskan kunci jawaban dengan tepat.

Rubrik Penilaian:
Nilai
Rubrik
90 < nilai £100
Delapan aspek sesuai dengan kriteria
80 < nilai £90
Enam aspek sesuai dengan kriteria, satu aspek kurang sesuai
70 < nilai £80
Lima aspek sesuai dengan kriteria, dua aspek kurang sesuai
60 < nilai £70
Empat aspek sesuai dengan kriteria, tiga aspek kurang sesuai
<60
Tiga aspek sesuai dengan kriteria, empat aspek kurang sesuai



Tidak ada komentar:

Posting Komentar

LEMBAR KERJA BEDAH LMS PLATFORM BELAJAR

  LEMBAR KERJA BEDAH LMS PLATFORM BELAJAR     Nama                           : ARIF KURNIAWAN Sekolah                         : ...