LK-3. Penilaian Berorientasi HOTS
Tujuan Kegiatan:
Mengembangkan penilaian
berorientasi HOTS.
Langkah Kegiatan:
1.
Buatlah jurnal sikap dan
atau penilaian diri/penilaian antar teman untuk penilaian sikap yang digunakan!
2.
Buatlah penilaian
keterampilan sesuai teknik penilaian keterampilan yang digunakan!
3.
Buatlah penilaian
pengetahuan dengan langkah-langkah sebagai berikut:
1.
Buatlah kisi-kisi soal
sesuai dengan mata pelajaran yang diampu, Kompetensi Dasar (KD) Mata Pelajaran
berdasarkan Peraturan Dirjen
Dikdasmen No. 464 64/D.D5/KR/2018)
2.
Buatlah soal pada Kartu
Soal yang tersedia, setiap peserta minimal membuat 1 (satu) soal Pilihan Ganda
dengan level kognitif Pengetahuan dan Pemahaman, Aplikasi dan Penalaran serta 1
(satu) soal Uraian!
3.
Dalam kelompok
diskusikan soalyang dihasilkan dari kelompok lain dengan cara menelaah soal
menggunakan format telaah soal HOTS yang tersedia!
4.
Tentukan Soal PG dan
Soal Uraian terbaik untuk kelompok tersebut serta uraikan alasannya!
4.
Presentasikan hasil
kerja, peserta lain menyimak presentasi dengan cermat untuk memberikan saran perbaikan!
5.
Perbaiki hasil yang
dibuat sesuai saran!
LK-3a.
Penilaian Sikap
Jurnal Sikap
No
|
Tanggal
|
Nama Siswa
|
Catatan perilaku saat pembelajaran
|
Butir Sikap
|
Tindak Lanjut
|
1
|
|
|
|
|
|
2
|
|
|
|
|
|
3
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
*)Catatan
yang diisi di fornat jurnal sikap ini adalah butir sikap yang akan dinilai
ketikapembelajaran yang akan dituangkan ke RPP
Penilaian diri/Penilaian
antar teman
Aspek perilaku saat pembelajaran
|
Dilakukan
|
|
Ya
|
Tidak
|
|
1.
Selama diskusi, saya ikut serta mengusulkan
ide/gagasan.
|
|
|
2.
Ketika kami berdiskusi, setiap anggota
mendapatkan kesempatan untuk berbicara.
|
|
|
3.
Saya ikut serta dalam membuat kesimpulan
hasil diskusi kelompok.
|
|
|
*)Catatan yang diisi di fornat jurnal
sikap penilaian diri/antar teman ini adalah butir sikap yang akan dinilai
ketika pembelajaran yang akan dituangkan ke RPP
LK-3b. Penilaian Keterampilan
Penilaian Kinerja/Produk/Projek
IPK
|
Aspek/Kriteria
|
Aktivitas HOTS
|
||
Transfer Knowledge
|
Creativity dan Critical
|
Problem Solving
|
||
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
LK-3c. Penilaian
Pengetahuan
LK-3c.1_Analisis KD
Mata Pelajaran :
Nama Sekolah :
Langkah kerja :
1.
Copy paste
KD pada masing-masing mapel sesuai Peraturan
Dirjen Dikdasmen No.
464 64/D.D5/KR/2018
2. Tentukan level kognitif (lihat kata kerja
operasional pada taksonomi Bloom-Anderson)
No. KD
|
Kompetensi Dasar
|
Level Kognitif
|
KELAS X(sepuluh)
|
||
3.1
|
Menerapkan konsep bilangan
berpangkat, bentuk akar dan logaritma dalam menyelesaikan masalah
|
L2/C3
|
3.2
|
Menerapkan persamaan dan
pertidaksamaan nilai mutlak bentuk linear satu variabel
|
L2/C3
|
3.3
|
Menentukan nilai variabel pada
sistem persamaan linear dua variabel dalam masalah kontekstual
|
L2/C3
|
3.4
|
Menentukan nilai maksimum dan
minimum permasalahan kontekstual yang berkaitan dengan program linear dua
variabel
|
L2/C3
|
3.5
|
Menganalisis barisan dan deret
aritmetika
|
L3/C4
|
3.6
|
Menganalisis barisan dan deret
geometri
|
L3/C4
|
No. KD
|
Kompetensi Dasar
|
Level Kognitif
|
KELAS XI (sebelas)
|
||
|
|
|
|
|
|
No. KD
|
Kompetensi Dasar
|
Level Kognitif
|
KELAS XII (dua belas)
|
||
|
|
|
LK-3c.2_Rumusan Stimulus
No.
|
Kompetensi Dasar
|
Stimulus
|
Kemampuan yang
diuji
|
Tahapan Berfikir
|
3.5
|
Menganalisis barisan dan deret aritmetika
|
Diberikan data tabel perkembangan
calon siswa baru yang mendaftar disuatu SMK
|
Menyimpulkan berapa jumlah
jumlah calon siswa baru yang mendaftar SMK tersebut pada tahun yang
ditentukan
|
· Memahami konsep dan pola barisan dan deret aritmatika
· Menentukan konsep dan pola barisan dan deret aritmatika melalui pemecahan masalah
otentik
|
2
|
|
|
|
|
3
|
|
|
|
|
4
|
|
|
|
|
5
|
|
|
|
|
LK-3c.3_Penjabaran KD menjadi
Indikator Soal
No.
|
Kompetensi Dasar
|
Indikator Soal
|
1
|
Menganalisis
barisan dan deret aritmetika
|
Diberikan data tabel
perkembangan calon siswa baru yang mendaftar disuatu SMK, peserta didik dapat
menyimpulkan berapa jumlah jumlah calon siswa baru yang mendaftar SMK
tersebut pada tahun yang ditentukan
|
2
|
|
|
3
|
|
|
4
|
|
|
5
|
|
|
LK-3c.4_Kisi-Kisi Soal
FORMAT KISI-KISI PENULISAN SOAL
Sekolah : SMKN 1 Mesuji Timur
Jumlah soal :………………………
Mata pelajaran : Matematika
Bentuk soal/tes : Pilihan Ganda
Penyusun : Devriyadi Saputra S
Alokasi waktu :………………………
No.
|
Kompetensi
Dasar (KD)
|
IPK
|
Materipokok
|
Indikator
Soal
|
Level
|
Bentuk Soal
|
Nomor
Soal
|
1
|
Menganalisis barisan dan deret aritmetika
|
Menyimpulkan solusi dari
permasalahan barisan dan deret aritmatika dalam kehidupan.
|
Barisan dan Deret Aritmatika
|
Diberikan data tabel
perkembangan calon siswa baru yang mendaftar disuatu SMK, peserta didik dapat
menyimpulkan berapa jumlah jumlah calon siswa baru yang mendaftar SMK
tersebut pada tahun yang ditentukan
|
L3/ C4
|
Ganda
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
LK-3c.5_Kartu Soal
KARTU SOAL PILIHAN
GANDA
Mata Pelajaran :
Matematika
Kelas/ Semester :
X/ Ganjil
Kompetensi Keahlian :
TKR
Nomor Soal :
Kompetensi Dasar
|
Menganalisis
barisan dan deret aritmetika
|
||||||||
Materi
|
Barisan dan Deret Aritmatika
|
||||||||
Indikator Soal
|
Diberikan data tabel
perkembangan calon siswa baru yang mendaftar disuatu SMK, peserta didik dapat
menyimpulkan berapa jumlah jumlah calon siswa baru yang mendaftar SMK
tersebut pada tahun yang ditentukan
|
||||||||
Level Kognitif
|
L3/ C4
|
||||||||
Soal
Tabel perkembangan calon siswa baru SMKN 1 Mesuji Timur
Jika jumlah calon siswa baru yang mendaftar mengikuti
pola barisan aritmatika, maka calon siswa baru yang mendaftar pada tahun 2020
di SMKN 1 Mesuji Timur ada ... siswa.
A.
100
B.
102
C.
104
D.
106
E.
110
|
|||||||||
Kunci
Jawaban
|
D. 106
|
Keterangan:
Soal ini termasuk soal HOTS karena
menggunakan stimulus
LK-3c.6_Kartu Soal Uraian
KARTU SOAL URAIAN
Mata Pelajaran : Matematika
Kelas/ Semester : X/ Ganjil
Kompetensi Keahlian : Otomatisasi dan Tata Kelola Perkantoran
Nomor Soal :
Kompetensi Dasar
|
Menganalisis
barisan dan deret aritmetika
|
Materi
|
Barisan dan Deret Aritmatika
|
Indikator Soal
|
Diberikan data tabel perkembangan calon siswa baru
yang mendaftar disuatu SMK, peserta didik dapat menyimpulkan berapa jumlah
jumlah calon siswa baru yang mendaftar SMK tersebut pada tahun yang
ditentukan
|
Level Kognitif
|
L3/ C4
|
Soal
Pada
tahun pertama seorang karyawan mendapat gaji pokok Rp. 300.000,00 sebulan.
Jika setiap tahun gaji pokoknya dinaikkan sebesar Rp. 25.000,00 maka tentukanlah jumlah gaji pokok karyawan
tersebut selama 10 tahun pertama!
|
Kunci Jawaban
dan Pedoman Penskoran
No.
Soal
|
Kunci/Kriteria Jawaban
|
Skor
|
1
|
Diketahui :
Gaji pokok Rp. 300.000/bulan untuk satu tahun pertama, sehingga nilai a =
3.600.000
Kenaikan gaji naik Rp. 25.000/tahun, sehingga nilai b = 300.000
|
2
|
|
Ditanya :
Jumlah gaji pokok karyawan
tersebut selama 10 tahun pertama, karena yang ditanyakan jumlah selama 10 tahun pertama
sehingga masuk ke materi deret aritmatika
|
1
|
|
Dijawab :
Sn =
|
1
|
|
S10 =
|
1
|
|
S10 =
|
1
|
|
S10 =
(7200000 + 2700000) x 5
|
1
|
|
S10 =
9900000 x
5
|
1
|
|
S10 =
49.500.000
|
1
|
|
Kesimpulannya, Jumlah gaji pokok karyawan
tersebut selama 10 tahun pertama berjumlah Rp. 49.500.000,-
|
1
|
Keterangan:
Soal ini termasuk soal HOTS karena Untuk menjawab soal ini peserta didik perlu mengolah informasi nilai a dan
nilai b dari soal yang tidak tertulis.
LK-3d Format Telaah
Soal
1)
Telaah Soal
Pilihan Ganda
INSTRUMEN
TELAAH SOAL HOTS
BENTUK TES PILIHAN GANDA
Nama
Pengembang Soal :
Mata
Pelajaran :
Kompetensi
Keahlian :
Kelas/
Semester :
Isilah tanda
silang (X) pada kolom butir soal bila soal tersebut tidak memenuhi kaidah.
No.
|
Aspek
yang ditelaah
|
Butir
Soal
|
||||
1
|
2
|
3
|
4
|
5
|
||
A.
|
Materi
|
|
|
|
|
|
1.
|
Soal sesuai Kompetensi Dasar (KD)
|
|
|
|
|
X
|
2.
|
Soal sesuai dengan indikator pencapaian kompetensi (IPK)
|
|
|
|
|
X
|
3.
|
Soal tidak mengandung unsur SARAPPPK (Suku, Agama, Ras,
Anatargolongan, Pornografi, Politik, Propopaganda, dan Kekerasan).
|
|
|
|
|
X
|
4.
|
Soal
menggunakan stimulus yang kontekstual (gambar/grafik, teks, visualisasi, dll,
sesuai dengan dunia nyata)*
|
|
|
|
X
|
|
5.
|
Soal
menggunakan stimulus yang imajinatif (baru, mendorong
peserta didik untuk membaca).
|
|
|
|
X
|
|
6.
|
Soal
menggunakan stimulus yang mendorong peserta didik untuk
melakukan sesuatu).
|
|
|
|
X
|
|
7.
|
Soal mengukur level kognitif penalaran (menganalisis,
mengevaluasi, mencipta). Sebelum menentukan pilihan, peserta didik melakukaan
tahapan-tahapan tertentu.
|
|
|
|
|
X
|
8.
|
Jawaban tersirat pada stimulus.
|
|
|
|
|
X
|
B.
|
Konstruksi
|
|
|
|
|
|
1.
|
Pokok soal dirumuskan dengan singkat, jelas, dan tegas.
|
|
|
|
|
X
|
2.
|
Rumusan pokok soal dan pilihan jawaban merupakan
pernyataan yang diperlukan saja.
|
|
|
|
X
|
|
3.
|
Pokok soal tidak memberi petunjuk kunci jawaban.
|
|
|
|
|
X
|
4.
|
Pokok soal bebas dari pernyataan yang bersifat negatif
ganda.
|
|
|
|
|
X
|
5.
|
Pilihan jawaban homogen dan logis ditinjau dari segi
materi.
|
|
|
|
|
X
|
6.
|
Gambar, grafik, tabel, diagram, atau sejenisnya jelas
dan berfungsi.
|
|
|
|
X
|
|
7.
|
Panjang pilihan jawaban relatif sama.
|
|
|
|
X
|
|
8.
|
Pilihan jawaban tidak menggunakan pernyataan “semua
jawaban di atas salah/benar” dan sejenisnya.
|
|
|
|
|
X
|
9.
|
Pilihan jawaban yang berbentuk angka/waktu disusun
berdasarkan urutan besar kecilnya angka atau kronologisnya.
|
|
|
|
|
X
|
10.
|
Butir soal tidak bergantung pada jawaban soal
sebelumnya.
|
|
|
|
|
X
|
C.
|
Bahasa
|
|
|
|
|
|
1.
|
Menggunakan
bahasa yang sesuai dengan kaidah bahasa Indonesia, untuk bahasa daerah dan
bahasa asing sesuai kaidahnya.
|
|
|
|
X
|
|
2.
|
Tidak
menggunakan bahasa yang berlaku setempat/tabu.
|
|
|
|
|
X
|
3.
|
Soal
menggunakan kalimat yang komunikatif.
|
|
|
|
|
X
|
.................,
..............................
Penelaah
...........................................
2) Format
telaah soal
uraian
INSTRUMEN
TELAAH SOAL HOTS
BENTUK TES URAIAN
Nama
Pengembang Soal :
Mata
Pelajaran :
Kompetensi
Keahlian :
Kelas/
Semester :
Isilah tanda
silang (X) pada kolom butir soal bila soal tersebut tidak memenuhi kaidah.
No.
|
Aspek
yang ditelaah
|
Butir
Soal
|
||||
1
|
2
|
3
|
4
|
5
|
||
A.
|
Materi
|
|
|
|
|
|
1.
|
Soal sesuai Kompetensi Dasar (KD)
|
|
|
|
|
x
|
2.
|
Soal sesuai dengan indikator pencapaian kompetensi (IPK)
|
|
|
|
|
x
|
3.
|
Soal tidak mengandung unsur SARAPPPK (Suku, Agama, Ras,
Anatargolongan, Pornografi, Politik, Propopaganda, dan Kekerasan).
|
|
|
|
|
x
|
4.
|
Soal
menggunakan stimulus yang kontekstual (gambar/grafik, teks, visualisasi, dll,
sesuai dengan dunia nyata)*
|
|
|
|
|
x
|
5.
|
Soal
menggunakan stimulus yang imajinatif (baru, mendorong
peserta didik untuk membaca).
|
|
|
|
|
x
|
6.
|
Soal
menggunakan stimulus yang mendorong peserta didik untuk
melakukan sesuatu).
|
|
|
|
|
x
|
7.
|
Soal mengukur level kognitif penalaran (menganalisis,
mengevaluasi, mencipta). Sebelum menentukan pilihan, peserta didik melakukaan
tahapan-tahapan tertentu.
|
|
|
|
|
x
|
8.
|
Jawaban tersirat pada stimulus.
|
|
|
|
|
x
|
B.
|
Konstruksi
|
|
|
|
|
|
1.
|
Rumusan kalimat soal
atau pertanyaan menggunakan kata-kata tanya atau perintah yang
menuntut jawaban terurai.
|
|
|
|
|
x
|
2.
|
Memuat
petunjuk yang jelas tentang cara mengerjakan soal.
|
|
|
|
|
x
|
3.
|
Ada
pedoman penskoran/rubrik sesuai dengan kriteria/kalimat yang mengandung kata
kunci.
|
x
|
|
|
|
|
4.
|
Gambar,
grafik, tabel, diagram, atau sejenisnya jelas dan berfungsi.
|
x
|
|
|
|
|
5.
|
Butir
soal tidak bergantung pada jawaban soal lain.
|
|
|
|
|
x
|
C.
|
Bahasa
|
|
|
|
|
|
1.
|
Menggunakan
bahasa yang sesuai dengan kaidah bahasa Indonesia, untuk bahasa daerah dan
bahasa asing sesuai kaidahnya.
|
|
|
|
x
|
|
2.
|
Tidak
menggunakan bahasa yang berlaku setempat/tabu.
|
|
|
|
|
x
|
3.
|
Soal
menggunakan kalimat yang komunikatif.
|
|
|
|
|
x
|
.................,
..............................
Penelaah
...........................................
R-3.Rubrik Pengembangan Soal HOTS
Rubrik ini digunakan fasilitator untuk
menilai hasil kerja pengembangan butir soal
Langkah-langkah
penilaian hasil kajian:
1.
Cermati tugas yang
diberikan kepada peserta pelatihan pada LK-3!
2.
Berikan nilai
berdasarkan penilaian Anda terhadap hasil kerja peserta sesuai rubrik berikut!
Kriteria Penilaian:
1.
Menuliskan kompetensi dasar dengan tepat.
2.
Merumuskan penilaian sikap
3.
Merumuskan penilaian keterampilan
4.
Menentukan materi Pelajaran dengan tepat.
5.
Merumuskan indikator soal dengan tepat.
6.
Menuliskan soal sesuai indikator soal.
7.
Menuliskan soal sesuai kriteria soal HOTS.
8.
Menuliskan kunci jawaban dengan tepat.
Rubrik Penilaian:
Nilai
|
Rubrik
|
90 < nilai £100
|
Delapan aspek sesuai
dengan kriteria
|
80 < nilai £90
|
Enam aspek sesuai dengan kriteria, satu aspek kurang
sesuai
|
70 < nilai £80
|
Lima aspek sesuai dengan kriteria, dua aspek kurang
sesuai
|
60 < nilai £70
|
Empat aspek sesuai dengan kriteria, tiga aspek kurang sesuai
|
<60
|
Tiga aspek sesuai dengan kriteria, empat aspek kurang sesuai
|
Tidak ada komentar:
Posting Komentar