Jumat, 23 Maret 2018

RPP Ilmu Pengetahuan Sosia SMP K13


RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)
BAB I

Satuan Pendidikan             :  SMP Negeri 1 Pekalongan
Kelas / Semester                :  VII / I
Mata Pelajaran                    :  Ilmu Pengetahuan Sosial (IPS)
Tema / Topik                        :  Keadaan Alam dan Aktivitas Penduduk Indonesia
Subtema                                :  Kehidupan Sosial Masyarakat Indonesia Pada masa Praaksara,  Hindu Budha dan Islam
·         Kehidupan Masyarakat Indonesia pada masa praaksara
Alokasi Waktu                      :  4 x 40 Menit

A.      KOMPETENSI INTI :
KI.1.         Menghargai dan menghayati ajaran agama yang dianutnya.
KI.2.         Menghargai dan menghayati perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab, peduli (toleransi, gotong royong), santun, percaya diri, dalam berinteraksi secara efektif dengan lingkungan sosial dan alam dalam jangkauan pergaulan dan keberadaan.
KI.3. Memahami pengetahuan (faktual, konseptual dan prosedural) berdasarkan rasa ingin tahunya tentang ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya terkait fenomena dan kejadian tampak mata.
KI.4.         Mencoba, mengolah, dan menyaji dalam ranah konkret (menggunakan, mengurai, merangkai, memodifikasi, dan membuat) dan ranah abstrak (menulis, membaca, menghitung, menggambar, dan mengarang) sesuai dengan yang dipelajari di sekolah dan sumber lain yang sama dalam sudut pandang/teori.

B.      KOMPETENSI DASAR :
KD 1.3. Menghargai karunia Tuhan Yang Maha Esa telah menciptakan manusia dan lingkungannya
KD 2.1 Meniru perilaku jujur, disiplin, bertanggung jawab, peduli dan percaya diri sebagaimana ditunjukan oleh tokoh-tokoh pada masa Hindu-Budha dan Islam dalam kehidupan sekarang.
KD 3.2 Memahami perubahan masyarakat Indonesia pada zaman pra-aksara, zaman Hindu-Budha dan zaman Islam dalam aspek geografis, ekonomi, budaya, pendidikan dan politik.
Indikator :
1.       Mendeskripsikan kehidupan sosial masyarakat Indonesia pada masa praaksara
2.    Menjelaskan masa berburu dan mengumpulkan makanan pada masa praaksara
3.    Menjelaskan masa bercocok tanam pada masa praaksara
4.    Menjelaskan masa perundagian pada masa praaksara
KD 4.1      Menyajikan hasil pengamatan tentang hasil-hsil kebudayaan dan pikiran masyarakat Indonesia pada aman islam dalam aspek geografis, ekonomi, budaya dan politik yang masih hidup dalam masyarakat sekarang
C.      TUJUAN PEMBELAJARAN :
1.    Siswa mampu mendeskripsikan kehidupan sosial masyarakat Indonesia pada masa Pra-aksara
2.    Siswa mampu menjelaskan masa berburu dan mengumpulkan makanan pada masa praaksara
3.    Siswa mampu menjelaskan kehidupan pada masa berburu dan mengumpulkan makanan
4.    Siswa mampu menjelaskan masa bercocok tanam pada masa praaksara
5.    Siswa mampu menjelaskan masa perundagian pada masa praaksara
D.      MATERI AJAR :
Kehidupan masyarakat pada masa praaksara
E.       PENDEKATAN DAN METODE PEMBELAJARAN :
1.       Pendekatan       : Scientific
2.       Model  : Discovery learning
3.       Metode               : Diskusi
F.       MEDIA DAN SUMBER BELAJAR
1.       Media
Komputer/laptop,LCD, power Point, Internet
2.       Sumber Belajar
Buku Paket IPS Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia Tahun 2014 Kelas VII dan LKS.
G.     KEGIATAN PEMBELAJARAN
Pertemuan ke 1

Kegiatan

Deskripsi Kegiatan

Alokasi waktu

Pendahuluan


1.       Persiapan kelas membuka pelajaran dengan mengucapkan salam dan berdoa bersama
2.       Memotivasi peserta didik untuk aktif dalam proses pembelajaran
3.       Guru menginformasikan tujuan yang akan dicapai dalam pembelajaran 
4.       Guru memberi gambaran garis besar materi yang akan dipelajari
10 menit


Inti
1.    Membagi peserta didik dalam 5-6 kelompok
2.    Guru membagikan LKS ( lembar kerja siswa) kepada peserta didik, yang memuat tugas sebagai berikut :
a)      Peserta didik diminta mengamati gambar tentang kehidupan masa praaksara

b)      eserta didik diminta untuk menjawab dan mendiskusikan pertanyaan-pertanyaan yang ada di LKS.
3.    Guru memfasilitasi peserta didik dalam berdiskusi.
4.    Dari hasil diskusi peserta didik diminta mempersentasikan hasil kerja kelompoknya di depan kelas.
5.    Kelompok lain diminta untuk memberi tanggapan dan saran atas hasil kesimpulan kelompok yang presentasi

60 menit

Penutup


1.    Melaksanakan tanya jawab
2.    Peserta didik diberi pesan tentang nilai dan moral.
6.    Peserta didik bersama guru mengambil kesimpulan atas jawaban dari pertanyaan
3.    Peserta didik diingatkan untuk membaca materi pada pada subtema berikutnya.
4.    Menutup pelajaran dengan berdoa sesuai dengan agama dan keyakinan masing-masing.
10 menit

Pertemuan ke 2
Kegiatan

Deskripsi Kegiatan

Alokasi waktu

Pendahuluan


1.       Persiapan kelas membuka pelajaran dengan mengucapkan salam dan berdoa bersama
2.       Memotivasi peserta didik untuk aktif dalam proses pembelajaran
3.       Guru menginformasikan tujuan yang akan dicapai dalam pembelajaran 
4.       Guru memberi gambaran garis besar materi yang akan dipelajari
10 menit


Inti
1.       Membagi peserta didik dalam 5-6 kelompok
2.       Guru membagikan LKS ( lembar kerja siswa) kepada peserta didik, yang memuat tugas sebagai berikut :
a)      Peserta didik diminta mengamati gambar tentang masa praaksara


b)      Peserta didik diminta untuk menjawab dan mendiskusikan pertanyaan-pertanyaan yang ada di LKS.
3.       Guru memfasilitasi peserta didik dalam berdiskusi.
4.       Dari hasil diskusi peserta didik diminta mempersentasikan hasil kerja kelompoknya di depan kelas.
5.       Kelompok lain diminta untuk memberi tanggapan dan saran atas hasil kesimpulan kelompok yang presentasi
60 menit

Penutup


1.       Melaksanakan tanya jawab
2.       Peserta didik diberi pesan tentang nilai dan moral.
3.       Peserta didik bersama guru mengambil kesimpulan atas jawaban dari pertanyaan
4.       Peserta didik diingatkan untuk membaca materi pada pada subtema berikutnya.
5.       Menutup pelajaran dengan berdoa sesuai dengan agama dan keyakinan masing-masing.
10 menit









H. PENILAIAN
1.       Metode dan Bentuk Instrumen

Metode
Bentuk Instrumen
·         Sikap
·         Lembar Pengamatan Sikap dan Rubrik
·         Tes Tertulis
·         Tes Uraian
2.       Bentuk Instrumen
a.       Penilaian Sikap
Rubrik Penilaian Sikap
No
Nama
Sikap Spiritual
Sikap Sosial
Total Nilai
Menghayati karunia Tuhan
Tanggung Jawab
Disiplin
Kerjasama
1-4
1-4
1-4
1-4
1






2






3






4






5






Dst






    Keterangan :
    Nilai Sikap siswa : Jumlah nilai yang diperoleh dibagi 4

H.     INSTRUMEN SOAL PENGETAHUAN
Soal uraian
1.    Bagaimana cara manusia purba memenuhi kebutuhan pada masa berburu dan meramu ?
2.    Bagaimana cara manusia purba memenuhi kebutuhan pada masa bercocok tanam ?
3.    Bagaimana cara manusia purba memenuhi kebutuhan pada masa perundagian
4.    Bagaimana bentuk perdagangan dalam dalam masa bercocok tanam?
5.    Jelaskan dua sistem hidup manusia praaksara dalam masa berburu dan mengumpulkan makanan?
Keterangan :
Tiap nomor apabila benar mendapat skor 20

Kunci  jawaban
1.       Kehidupan manusia masa berburu dan mengumpulkan makanan, dari sejak Pithecanthropus sampai dengan Homo sapiens sangat bergantung pada kondisi alam. Mereka tinggal di padang rumput dengan semak belukar yang letaknya berdekatan dengan sungai.
Ada dua hal yang penting dalam sistem hidup manusia Praaksara (masa berburu dan mengumpulkan makanan) yaitu membuat alat-alat dari batu yang masih kasar, tulang, dan kayu disesuaikan dengan keperluannya, seperti kapak perimbas, alat-alat serpih, dan kapak genggam. Selain itu, manusia Praaksara juga membutuhkan api untuk memasak dan penerangan pada malam hari.
2.       Masa bercocok tanam adalah masa ketika manusia mulai memenuhi kebutuhan hidupnya dengan cara memanfaatkan hutan belukar untuk dijadikan ladang. Masa bercocok tanam terjadi ketika cara hidup berburu dan mengumpulkan bahan makanan ditinggalkan. Pada masa ini, mereka mulai hidup menetap di suatu tempat. Manusia Praaksara yang hidup pada masa bercocok tanam adalah Homo sapiens, baik itu ras Mongoloid maupun ras Austromelanesoid.
3.       Masa perundagian merupakan masa akhir Prasejarah di Indonesia. Kehidupan masyarakat pada masa perundagian ditandai dengan dikenalnya pengolahan logam. Alat-alat yang diperlukan dalam kehidupan sehari-hari sudah banyak yang terbuat dari logam.
4.       Pada masa bercocok tanam, bentuk perdagangan bersifat barter. Barang-barang yang dipertukarkan waktu itu ialah hasil-hasil bercocok tanam, hasil kerajinan tangan (gerabah, beliung), garam, dan ikan yang dihasilkan oleh penduduk pantai.
5.       Ada dua hal yang penting dalam sistem hidup manusia Praaksara (masa berburu dan mengumpulkan makanan) yaitu membuat alat-alat dari batu yang masih kasar, tulang, dan kayu disesuaikan dengan keperluannya, seperti kapak perimbas, alat-alat serpih, dan kapak genggam. Selain itu, manusia Praaksara juga membutuhkan api untuk memasak dan penerangan pada malam hari.




Mengetahui,
Guru Pamong



(Sriwiyatin, S.Pd)
NIP:19651001 199002 2 004



PekalonganSeptember  2016
Guru Praktikan



Leonardus Bagus Setiadi
NPM : 13220035

Mengetahui,
Kepala SMP Negeri 1 Pekalongan




(Hi. Suroso, S.Pd. M.Si)
NIP: 196505091987031005

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

LEMBAR KERJA BEDAH LMS PLATFORM BELAJAR

  LEMBAR KERJA BEDAH LMS PLATFORM BELAJAR     Nama                           : ARIF KURNIAWAN Sekolah                         : ...